Wapres Ma'ruf Amin Akan Salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal

Presiden Jokowi rayakan lebaran di Solo

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin dipastikan akan melaksanakan salat Idul Fitri 1444 H/2023 M di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Hal itu disampaikan oleh Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof. Nasaruddin Umar dalam acara Ngobrol Seru By IDN Times.

"Yang konfirmasi ke kita itu insyaallah Wapres di sini, pasti di sini, karena sudah ada konfirmasi," ujar Nasaruddin, dikutip Kamis (20/4/2023).

Baca Juga: Presiden Jokowi Rayakan Idul Fitri 1444 H di Solo

1. Masjid Istiqlal selalu lakukan standar keamanan VVIP

Wapres Ma'ruf Amin Akan Salat Idul Fitri di Masjid IstiqlalWawancara khusus Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof. Nasaruddin Umar dalam program Ngobrol Seru By IDN Times (IDN Times/ Reynaldy)

Nasaruddin mengatakan, Istiqlal merupakan masjid negara yang senantiasa menerapkan standar keamanan VVIP. Menurutnya, standar tersebut berlaku meski Presiden dan Wakil Presiden tak melaksanakan salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal.

"Alhamdulillah kita punya standar Istiqlal, karena ini masjid negara, VVIP sering datang ke sini untuk berkunjung terutama pada hari-hari Idul Fitri, Idul Adha, standar kita ada pengawalan, pengamanan, ketertiban, keamanan, sampai kepada hal-hal yang sifatnya keindahan, aksesoris sudah dipersiapkan semuanya," kata dia.

Menurutnya, standar keamanan VVIP itu tetap berlaku karena masih ada menteri hingga duta besar negara sahabat yang melaksanakan salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal.

Baca Juga: Wapres Minta Otoritas Keuangan Punya Sistem Keamanan QRIS Kotak Amal

2. Presiden Jokowi rayakan Idul Fitri 1444 H di Solo

Wapres Ma'ruf Amin Akan Salat Idul Fitri di Masjid IstiqlalPresiden Jokowi saat berbincang santai sambil menyantap bakso dengan tim IDN Times di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (25/11/2022). (IDN Times/Aditya Mustaqim)

Sebelumnya, Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan merayakan Idul Fitri 1444 H/2023 M di Solo, Jawa Tengah. Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, mengatakan Presiden Jokowi saat ini sudah berada di Solo.

"Insyaallah di Solo dan saat ini (Jokowi) sudah ada di Solo," ujar Bey kepada wartawan, Rabu (19/4/2023).

Baca Juga: Menag Keluarkan Edaran Idul Fitri 2023: Toleransi Beda Awal Syawal

3. Presiden berlebaran bersama keluarga

Wapres Ma'ruf Amin Akan Salat Idul Fitri di Masjid IstiqlalPresiden Joko "Jokowi" Widodo (dok. Sekretariat Presiden)

Bey mengatakan, Presiden Jokowi akan berlebaran bersama keluarga. Anak dan cucunya juga saat ini sudah berada di Solo.

"Dengan keluarga, Bu Iriana, anak mantu dan cucu. Perangkat yang ikut juga sangat terbatas. Saya pun diingatkan terus oleh Bapak Presiden untuk tidak ikut. Lebaran dengan keluarga, ya, gak usah ikut," ucap dia.

Bey menerangkan, Presiden Jokowi juga akan melaksanakan salat Idul Fitri di Solo.

Baca Juga: Jokowi Tak Gelar Open House Idul Fitri 2023

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya