Comscore Tracker

Warga Ukraina Berterima Kasih kepada Jokowi, Kenapa?

Jokowi pada Juni 2022 berkunjung ke Ukraina

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada Juni 2022 lalu berkunjung ke Ukraina dan Rusia, untuk memberikan pesan perdamaian. Mantan Duta Besar untuk Ukraina, Yuddy Chrisnandi mengatakan, kedatangan Jokowi pada Juni lalu rupanya disambut baik oleh warga Ukraina.

Yuddy mengatakan, warga Ukraina menilai Jokowi merupakan sosok yang berani datang ke negara yang sedang berperang.

"Dari hasil pertemuan saya dengan berbagai tokoh masyarakat Ukraina, mereka sangat berterima kasih atas aksi solidaritas Presiden Jokowi mengunjungi Ukraina sebagai perwujudan kepedulian masyarakat Indonesia untuk Ukraina," ujar Yuddy dalam keterangannya di acara webinar, dikutip Kamis (6/10/2022).

"Presiden Jokowi begitu berani melakukan kunjungan ke dua tempat sekaligus, ke Ukraina dan ke Rusia untuk membawa pesan kemerdekaan bagi Ukraina. Bahkan Presiden Jokowi menjadi pemimpin negara Asia pertama yang datang langsung ke Ukraina sejak negara itu diinvasi Rusia," sambungnya.

Baca Juga: Jokowi Sebut Perang Ukraina-Rusia Tak Jelas Kapan Berhentinya

1. Jokowi dukung berakhirnya perang Rusia-Ukraina

Warga Ukraina Berterima Kasih kepada Jokowi, Kenapa?Presiden Joko "Jokowi" Widodo usai memberikan keterangan pers bersama Presiden Volodymyr Zelenskyy di Istana Kepresidenan Ukraina, Rabu, 29 Juni 2022. (www.president.gov.ua)

Dalam kesempatan itu, Yuddy menegaskan, Jokowi mendukung segera berakhirnya perang antara Rusia dan Ukraina. Jokowi, lanjutnya, juga mendukung kemerdekaan Ukraina.

"Saya menyaksikan di awal pidato pada rakor bersama menteri dan kepala daerah beberapa waktu lalu, Presiden Jokowi menegaskan posisi Indonesia mengenai pentingnya penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah Ukraina. Begitu pula, Kemenlu menyampaikan pernyataan resmi bahwa Pemerintah Indonesia mendesak Rusia menghormati kedaulatan dan wilayah teritorial Ukraina," ucap dia.

Baca Juga: Ukraina Beberkan Topik Pembicaraan Jokowi-Zelenskyy 

2. Ibu kota Ukraina berangsung pulih

Warga Ukraina Berterima Kasih kepada Jokowi, Kenapa?Website Kemensetneg

Lebih lanjut, Yuddy menerangkan, hingga kini dia masih berkunjung ke ibu kota Ukraina, Kyiv. Menurutnya, kondisi Kyiv kini berangsur pulih.

Sejumlah aktivitas pemerintahan sudah berjalan, anak-anak juga mulai kembali bersekolah.

"Saya juga melihat bagaimana posisi-posisi pengamanan pintu masuk ke Ibu Kota Kyiv yang sekalipun tidak terlalu banyak terlihat tentara, tetapi posisi-posisi strategi pengamanannya sangat cukup baik secara umum di kota Kyiv, Ibu Kota Ukraina," kata dia.

3. Banyak peluang yang bisa dilakukan antara Indonesia-Ukraina

Warga Ukraina Berterima Kasih kepada Jokowi, Kenapa?Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy. (twitter.com/ZelenskyyUa)

Lebih lanjut, Yuddy mengatakan, banyak peluang yang bisa dilakukan antara Indonesia dan Ukraina, mulai dari bidang militer, ekonomi hingga industri.

"Karena ini sudah terjalin dengan baik, industri militer juga berkembang dengan baik di Ukraina dan Indonesia ke depan bisa melanjutkan kerja sama di bidang militer apakah itu pendidikan militernya, kemampuan tempurnya, atau pengembangan senjatanya," kata dia.

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya