Comscore Tracker

Stasiun Rangkasbitung Libatkan Polisi dan TNI Selama Mudik Lebaran

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang dan keamanan

Lebak, IDN Times - Stasiun Kereta Api (KA) Rangkasbitung, Kabupaten Lebak akan melibatkan kepolisian dan TNI untuk pengamanan penumpang, mengantisipasi lonjakan penumpang, juga tindakan kriminal selama arus mudik lebaran.

"Kami mengoptimalkan pengamanan untuk melayani masyarakat yang hendak mudik lebaran ke kampung halaman dengan aman dan selamat sampai tujuan," kata Wakil Kepala Stasiun Rangkasbitung, Akhmad di Lebak, Sabtu (25/5).

Baca Juga: Polres Lahat Amankan 10 Orang Pembalak Liar di Hutan Konservasi 

1. Keterlibatan aparat TNI-Polri untuk menciptakan keamanan

Stasiun Rangkasbitung Libatkan Polisi dan TNI Selama Mudik LebaranIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Keterlibatan kepolisian dan TNI tersebut untuk pengamanan arus mudik Lebaran juga memberikan kenyamanan kepada penumpang, mengingat Stasiun Rangkasbitung akan dipadati ribuan penumpang arus mudik Lebaran mulai H-7.

Kebanyakan penumpang itu datang dari Jakarta yang mudik lebaran ke kampung halaman di Kabupaten Lebak, Pandeglang, Serang, hingga Sumatera melalui pelabuhan Merak. Karena itu, pengamanan tersebut diperlukan untuk mengantisipasi kejahatan seperti copet dan hipnotis.

"Kami yakin pengoptimalan pengamanan itu dapat mencegah kejahatan, bahkan tahun 2018 tidak ada laporan penumpang korban pencopetan maupun penipuan dengan cara dihipnotis," ujar dia pula.

2. Arus mudik melalui Stasiun Rangkasbitung diperkirakan naik 10 persen

Stasiun Rangkasbitung Libatkan Polisi dan TNI Selama Mudik LebaranIDN Times/Muhamad Iqbal

Menurut dia, mulai banyaknya orang yang memilih kereta sebagai transportasi utama membuat jumlah pemudik diperkirakan mengalami kenaikan sekitar 10 persen dibandingkan tahun lalu.

Para pemudik Lebaran lebih memilih angkutan KA karena harga tiket yang murah, lancar dan tidak terjadi kemacetan.

"Kami optimistis penumpang berjalan tertib dan lancar karena pengamanan begitu ketat," kata dia.

3. 60 personil gabungan disiagakan di Stasiun Rangkasbitung

Stasiun Rangkasbitung Libatkan Polisi dan TNI Selama Mudik LebaranIDN Times/Muhamad Iqbal

Menurut keterangan AKP Ugum Taryana selaku Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Rangkasbitung, pihaknya menerjunkan 60 personel untuk pengamanan arus mudik Lebaran melalui Stasiun Rangkasbitung. Sebanyak 60 personel itu berasal dari Polres Lebak, Brimob Polda Banten, dan TNI.

Selain itu, petugas pengamanan juga melakukan pemeriksaan kepada penumpang yang hendak ke Jakarta belum lama ini, untuk memberikan kenyamanan selama perjalanan.

"Kami akan melakukan pengamanan ketat dan semua penumpang diperiksa tas dan kardus karena khawatir membawa senjata maupun bahan peledak," kata Ugum.

4. Stasiun Rangkasbitung, stasiun feeder menuju Merak dengan KA Banten Ekspres

Stasiun Rangkasbitung Libatkan Polisi dan TNI Selama Mudik LebaranIDN Times/Muhamad Iqbal

Diketahui, Stasiun Rangkasbitung menjadi tujuan akhir kereta commuter line dari Tanah Abang. Selain itu, Stasiun Rangkasbitung juga menjadi stasiun feeder menuju Pelabuhan Merak yang bisa ditempuh melalui jalur kereta api lokal Rangkasbitung-Merak, dengan rangkaian kereta bernama Banten Ekspres.

Dengan beroperasinya KA Banten Ekspres, Stasiun Rangkasbitung menjadi jalur alternatif menuju Pelabuhan Merak dengan kereta api.

Baca Juga: Kronologi Penangkapan Anggota BPN Mustofa Nahrawardaya  

Topic:

  • Elfida

Just For You