Menag Fachrul Razi Segera Safari ke Kiai dan Tokoh-Tokoh Agama

Rencana kunjungan ke kiai bukan karena ada penolakan

Jakarta, IDN Times - Menteri Agama Fachrul Razi mengaku akan menemui para kiai dan pemuka agama lain setelah dilantik.

Rencana itu diutarakan Fachrul usai mendapat sorotan dari beberapa tokoh organisasi masyarakat (ormas) Islam.

"Pastilah ke PBNU, ke Muhammadiyah datang. Itu kan sahabat semua, sama-sama punya misi yang sama bagaimana membangun umat, bagaimana membangun bangsa. Kalian mudah sekali kata-kata penolakan," kata Fachrul usai menghadiri sidang kabinet perdana di Istana Merdeka Jakarta, Kamis (24/10).

1. Fachrul tegaskan rencana kunjungan ke kiai bukan karena ada penolakan

Menag Fachrul Razi Segera Safari ke Kiai dan Tokoh-Tokoh AgamaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Fachrul sendiri menolak opini yang menyebutkan, rencana kunjungan itu diduga karena ormas Nahdlatul Ulama (NU) kecewa terhadap penunjukannya sebagai menteri agama (menag), di mana posisi itu selama ini menjadi jatah NU. 

"Jangan bilang penolakan, kalian senang mendramatisasi. Tidak ada cerita penolakan. Dengan senang hati, semua kiai-kiai itu sahabat saya dan sama-sama misinya bagaimana membangun bangsa yang lebih baik, membangun umat yang baik. Jadi tidak mungkin ada penolakan lah," ujar Fachrul seperti dilansir Antara.

2. Semua pemuka agama akan ditemui

Menag Fachrul Razi Segera Safari ke Kiai dan Tokoh-Tokoh AgamaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Masih kata Fachrul, selain akan menemui para kiai, dia juga akan menemui para pemuka agama lain seperti Kristen Protestan, Katolik, dan Hindu.

"Ya semua dong, semua yang Protestan, yang Katolik, yang Hindu, yang Islam semua saya datangi. Tinggal menjelaskan itu saja. Kalau nolak gak lah, orang misinya saya dengan kita semua sama dong," ungkapnya.

3. Pengurus PBNU sebut Fachrul Razi tak punya pengalaman jadi menag

Menag Fachrul Razi Segera Safari ke Kiai dan Tokoh-Tokoh AgamaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sebelumnya, Ketua Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) PBNU mengatakan, Fachrul Razi tak berpengalaman dalam isu pendidikan Islam di bawah Kementerian Agama, dari pesantren, madrasah, perguruan tinggi keagamaan Islam (Ma'had Aly) hingga satuan pendidikan diniyah formal.

Fachrul Razi merupakan purnawirawan perwira tinggi militer. Ia pernah menjadi wakil panglima TNI periode 1999-2000. Dalam dua pemilihan presiden terakhir ia berkampanye untuk Jokowi.

Fachrul adalah satu dari sedikit militer yang pernah menjadi menteri agama, setelah Alamsjah Ratu Prawiranegara tahun 1978 dan Tarmizi Taher pada 1993. Selama ini diketahui, kursi menteri agama umumnya diduduki oleh perwakilan NU. Setidaknya lima menteri agama terakhir berasal dari ormas Islam terbesar di Indonesia ini.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya