Comscore Tracker

Stok Darah Menyusut, PMI Tangerang Beri Layanan Antar Jemput Pendonor

Yuk, donor darah selama Ramadan

Kota Tangerang, IDN Times - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang berikan layanan spesial yang hanya diberlakukan selama bulan puasa, yakni antar jemput pendonor darah. 

Layanan ini dilakukan oleh PMI Kota Tangerang guna memenuhi kebutuhan darah sebanyak lebih dari 400 labu atau kantung persediaan darah per hari.

Baca Juga: Soal Ancaman Terorisme 22 Mei, Bawaslu Pastikan Situasi Kondusif

1. Layanan ini mempermudah pendonor yang malas datang ke PMI

Stok Darah Menyusut, PMI Tangerang Beri Layanan Antar Jemput PendonorDok. PMI Kota Tangerang

Menurut Kabag Pelayanan Darah PMI Kota Tangerang Femy Luwita, layanan antar jemput pendonor darah ini akan berguna dalam hal memudahkan masyarakat yang hendak menyumbangkan darahnya.

"Ini tuh program untuk mempermudah masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya, dengan cara seperti ini," kata Femy kepada IDN Times, Minggu (19/5).

"Jadi, masyarakat tidak perlu bingung atau malas datang ke PMI Kota Tangerang karena jauh," sambung dia.

2. Layanan ini akan diberikan untuk pendaftar dengan minimal 10 peserta

Stok Darah Menyusut, PMI Tangerang Beri Layanan Antar Jemput PendonorDok. PMI Kota Tangerang

Meski begitu, layanan antar jemput pendonor darah yang disiapkan oleh PMI Kota Tangerang ini memiliki syarat yang harus dipenuhi sebelumnya.

Femy menerangkan mengenai syarat tersebut, yaitu para pendonor harus mendaftarkan minimal 10 orang calon pendonor dari unsur komunitas, warga, remaja masjid, organisasi kepemudaan, atau organisasi keagamaan yang mereka ikuti.

3. Pendonor nonmuslim dianjurkan untuk berdonor di bulan Ramadan ini

Stok Darah Menyusut, PMI Tangerang Beri Layanan Antar Jemput PendonorDok. PMI Kota Tangerang

Selain layanan antar jemput pendonor dara, Femy juga menjelaskan langkah antisipasi yang diambil oleh PMI Tangerang untuk memenuhi kebutuhan stok darah selama bulan puasa.

Mereka mengimbau agar pendonor nonmuslim ikut berpartisipasi mendonorkan darah selama bulan puasa, selain tentunya imbauan yang diberikan kepada masyarakat luas.

“Pendonor yang nonmuslim ini kita geser agar berdonor di bulan puasa, selain itu kita juga sudah lakukan kerja sama dengan beberapa masjid dan mal untuk melakukan penjemputan pendonor usai salat tarawih,” kata Femy.

4. Stok darah PMI Tangerang menyusut selama bulan puasa

Stok Darah Menyusut, PMI Tangerang Beri Layanan Antar Jemput PendonorDok. PMI Kota Tangerang

Femy menjelaskan bahwa langkah ini diambil karena terdapat kekhawatiran pada PMI Kota Tangerang akibat persediaan darah memasuki bulan puasa tahun ini menyusut seribuan labu tiap pekannya.

Berdasarkan data mereka, pada hari normal biasanya stok darah yang tersedia antara 200-300 kantong darah. Namun, di bulan puasa ini menurun drastis. Padahal, kebutuhannya sebanyak 18.000 kantong darah sampai dengan Hari Raya Idul Fitri.

“Biasanya, jumlah pendonor di bulan puasa akan terus menurun sampai 60-70 persen, nah di bulan puasa tahun ini kita tingkatkan stok kantong darah dengan layanan ini," tukas Femy.

Baca Juga: Meski Jauh dari Target, Caleg PSI Lolos di Banten Akan Tetap Idealis

Topic:

  • Elfida

Just For You