Comscore Tracker

Tuntut Perppu, Mahasiswa dan Buruh Gelar Aksi Lagi di Patung Kuda

Jurnalis juga turut demonstrasi

Jakarta, IDN Times - Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Bergerak (Ampera), dan buruh dari Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI), serta jurnalis dari Aliansi Jurnalis Independen Jakarta (AJI Jakarta), menggelar demonstrasi di kawasan Patung Arjuna Wiwaha atau Patung Kuda, Jakarta Pusat, Senin (28/10).

Demonstrasi ini merupakan lanjutan dari aksi pada September lalu, dengan salah satu tuntutan mereka adalah mendesak Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu), atas revisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (UU KPK).

Baca Juga: Dipanggil ke Istana, Yasonna Laoly Tak Bahas Perppu KPK dengan Jokowi

1. Demonstran teriakan Jokowi-Ma'ruf sebagai boneka oligarki

Tuntut Perppu, Mahasiswa dan Buruh Gelar Aksi Lagi di Patung KudaIDN Times/Muhammad Iqbal

Dalam demonstrasi kali ini, mahasiswa dan buruh beberapa kali meneriakkan pernyataan Presiden Joko Widodo fasis, karena mengerahkan aparat untuk mengekang demonstrasi.

Selain itu, mereka juga berkali-kali menyebut Jokowi-Ma'ruf merupakan pemimpin boneka para pengusaha (oligarki).

2. Mahasiswa Ampera serukan sepuluh tuntutan

Tuntut Perppu, Mahasiswa dan Buruh Gelar Aksi Lagi di Patung KudaIDN Times/Muhammad Iqbal

Dalam orasinya, perwakilan mahasiswa Ampera menyerukan sepuluh tuntutan untuk pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin, antara lain menuntut pemerintah melakukan reforma agraria sejati, menghentikan bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Sumatera dan Kalimantan.

Kemudian, mereka menolak RUU Pertanahan, menolak UU KPK, menolak RUU Ketenagakerjaan, dan menarik mundur militer dari Papua. Mereka juga mendesak pemerintah memberikan hak demokratis bagi rakyat Papua, memberikan akses pendidikan bagi anak buruh dan kaum tani, menolak kenaikan iuran BPJS, dan memberikan lapangan kerja yang pasti bagi kelompok produktif.

3. AJI Jakarta: Kita menuntut keadilan kekerasan terhadap jurnalis

Tuntut Perppu, Mahasiswa dan Buruh Gelar Aksi Lagi di Patung KudaIDN Times/Muhammad Iqbal

Sementara, Ketua AJI Jakarta Asnil Bambani mengatakan turunnya jurnalis dalam demonstrasi kali ini membawa tuntutan yang sama dengan aksi sebelumnya, yang di antaranya menuntut keadilan terhadap kekerasan pada jurnalis yang dilakukan polisi dalam aksi mahasiswa pada September lalu.

"Kita menuntut keadilan kekerasan terhadap jurnalis, sama dengan yang lalu, menagih Perppu KPK," kata Asnil, Senin (28/10).

4. Mahasiswa dan buruh membubarkan diri pada pukul 18.00 WIB

Tuntut Perppu, Mahasiswa dan Buruh Gelar Aksi Lagi di Patung KudaIDN Times/Muhammad Iqbal

Sementara, pantauan IDN Times di lokasi sekitar pukul 16.00 WIB, massa dari AJI Jakarta mulai membubarkan diri, sementara mahasiswa dan buruh membubarkan diri pada pukul 18.00 WIB.

Hingga saat ini beberapa demonstran masih bertahan dan memblokade Jalan Merdeka Barat, atau sekitar Patung Kuda di kedua ruasnya.

Baca Juga: Sidang Kabinet Tak Bahas Perppu KPK, Menkumham: Lihat Perkembangannya

Topic:

  • Rochmanudin

Just For You