Hilal Tidak Kelihatan di Kota Palembang, Rabu Dipastikan Lebaran

Puasa digenapkan 30 hari

Palembang, IDN Times - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Sumatera Selatan bersama ormas Islam melakukan pemantauan Hilal 1 Syawal 1440 Hijriah di Hotel Aryaduta Palembang, Senin (3/6).

Dari pantauan untuk wilayah Sumsel tersebut, tim Kemenag tidak berhasil melihat hilal.

1. Perkiraan 1 Syawal jatuh hari Rabu

Hilal Tidak Kelihatan di Kota Palembang, Rabu Dipastikan LebaranIDN Times/Rangga Erfizal

Hal tersebut diungkapkan Kakanwil Kemenang Sumsel, M Alfadjri Zabidi, usai pemantauan hilal bersama tim. Dirinya mengatakan, dari kegiatan Rukyatul Hilal hari ini, tidak berhasil menyaksikan hilal.

"Berdasarkan demografik Sumsel, matahari terbenam pukul 17.58 WIB. Nah, bagaimana kedudukan hilal dalam posisi 0 derajat dalam kegiatan hari ini. Pada saat matahari terbenam, Hisab hilal masih di bawah ufuk sehingga tidak mungkin dapat di-Rukyat," ujar dia.

Lanjutnya, kondisi cuaca dan posisi hilal pada hari ini tidak menunjukkan tanda sebagaimana syarat minimal hilal 2 derajat. Dirinya memastikan, jika Idul Fitri 1440 Hijriah jatuh pada Hari Rabu, (5/6) mendatang.

"Hari ini 1 derajat saja tidak nampak serta kondisi cuaca tertutup awan. Mudah-mudahan, dan InsyaAllah 1 Syawal akan jatuh pada Rabu. Nanti malam kita tarawih terakhir," jelas dia.

2. Laporkan hasil Rukyatul ke pusat

Hilal Tidak Kelihatan di Kota Palembang, Rabu Dipastikan LebaranIDN Times/Rangga Erfizal

Dari pantauan tersebut, Kakanwil Sumsel melaporkan hasil penglihatan ke Kemenag pusat. Menurutnya, keputusan hari raya masih menunggu Sidang Isbat yang dilakukan oleh Kemenag.

"Sekarang, semua provinsi sedang mengumpulkan data. Nanti akan diputuskan pertimbangan ulama dan ormas.

3. Puasa digenapkan 30 hari

Hilal Tidak Kelihatan di Kota Palembang, Rabu Dipastikan LebaranIDN Times / Rangga Erfizal

Sementara Wakil Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid Pengurus Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumsel Sunaryo, memastikan jika Muhammadiyah juga sudah menetapkan 1 Syawal akan jatuh pada Rabu mendatang.

"Karena hilal masih di bawah ufuk. Ramadan digenapkan menjadi 30 hari. 1 Syawal jadi akan jatuh pada Rabu mendatang. Muhammadiyah mengikuti hisab Hakiki Wujudan Hilal, di mana perhitungan dengan pemerintah semua sama, metodenya juga sama, jadi kita akan melakukan lebaran sama," ujar dia.

4. Kemenag putuskan Isbat

Hilal Tidak Kelihatan di Kota Palembang, Rabu Dipastikan LebaranIDN Times / Rangga Erfizal

Berdasarkan Sidang Isbat yang dilakukan Kementerian Agama RI, 1 Syawal 1440 Hijriah jatuh pada Rabu, 5 Juni 2019. Sidang digelar di Kantor Kemenag Jalan MH. Thamrin, Jakarta, Senin (3/6), sesudah salat Maghrib.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin memimpin langsung sidang penentuan 1 Syawal 1440 Hijriah. 

"Sidang Isbat secara mufakat bersepakat untuk menetapkan bahwa 1 Syawal 1440 Hijriah jatuh pada esok lusa, hari Rabu tanggal 5 Juni 2019. Pemerintah mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H," ujar Lukman.

Baca Juga: [BREAKING] Resmi, Pemerintah Tetapkan 1 Syawal pada 5 Juni 2019

Topik:

  • Elfida

Berita Terkini Lainnya