53 Warga di Aceh Timur Keracunan Usai Konsumsi Bakso Bakar

Kasus masih dalam penyelidikan polisi

Aceh Timur - Mengkonsumsi makanan maupun minuman alangkah baiknya memperhatikan kehigienisannya, jika tidak maka bisa berakibat fatal bagi kesehatan.

Di Provinsi Aceh tepatnya di Gampong Sarah Raja, Kecamatan Pante Bidari, Kabupaten Aceh Timur, sebanyak 53 warga diduga mengalami keracunan usai mengkonsumsi bakso bakar, Kamis (18/3/2021).

"Terjadi korban keracunan massal yang diduga akibat memakan bakso bakar. Korban berjumlah kurang lebih 53 orang," kata Pelaksana Harian Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Kepolisian Resor Aceh Timur, Inspektur Polisi Satu Dohar H, pada Sabtu (20/3/2021).

1. Pedagang bakso bakar ditangkap polisi untuk penyelidikan

53 Warga di Aceh Timur Keracunan Usai Konsumsi Bakso Bakaronlymyhealth.com

Dohar mengatakan, kasus ini diketahui pihak kepolisian setelah dilaporkan oleh Rajudin, Keuchik (kepala desa) Gampong Sarah Raja, pada Kamis sore, bahwa warganya mengalami keracunan makanan.

Memastikan kabar tersebut, personel dari Kepolisian Sektor Pante Bidari dan Kepolisian Resor Aceh Timur bersama dengan petugas Puskesmas menuju Gampong Sarah Raja.

Setibanya di kampung tersebut, didapatkan warga yang keracunan makanan kurang lebih 53 orang sedang dirawat di polindes (pondok bersalin desa) setempat.

Keesokan harinya atau tepatnya pada Jumat (19/3/2021), petugas pun langsung menangkap pedagang bakso bakar berinisial RH.

"Pedagang sebagai terduga pelaku berinisial RH (48), sudah diamankan ke Kepolisian Resor Aceh Timur untuk dimintai keteranganya," kata Dohar.

Baca Juga: Pulang Perjalanan Ketika Subuh, Kepala Desa di Aceh Ditembak OTK

2. Warga yang keracunan sebagian dirujuk ke puskesmas terdekat dan rumah sakit

53 Warga di Aceh Timur Keracunan Usai Konsumsi Bakso BakarWarga di Gampong Sarag Raja, Kecamatan Pante Bidari, Kabupaten Aceh Timur, diduga mengalami keracunan usai mengkonsumsi bakso bakar (IDN Times/Istimewa)

Hasil pemeriksaan sementara dari RH mengaku, bahwa dirinya menjajakan jualannya seperti biasa. Ia mulai beranjak dari rumahnya menggunakan sepeda motor yang dimodif dengan menambahkan gerobak bakso pada Kamis sekitar pukul 09.00 WIB.

Awalnya RH menjual bakso bakarnya di kawasan Pasar Sarah Raja, hingga pukul 11.00 WIB. Dikarenakan daganganya belum habis kemudian pelaku kembali menjualnya dengan cara berkeliling di desa tersebut hingga pukul 15.00 WIB.

Setelah bakso bakar dagangannya tinggal sedikit, pelaku berniat pulang ke rumahnya, namun tiba-tiba beberapa warga yang menemui pelaku dan menyampaikan bahwa ada warga keracunan usai mengkonsumsk bakso bakar dagangannya.

RH yang diajak warga untuk melihat kondisi tersebut pun mengikuti. Usai melihat beberapa warga yang diduga keracunan, ia lalu ditahan di rumah kepala dusun setempat dan kemudian diserahkan kepada pihak kepolisian.

"Sebagian dirawat di Puskesmas Simpang Ulim, RSUD Zubir Mahmud dan rumah masing-masing korban di Gampong Sarah Raja," ujar Dohar.

3. Kasus masih dalam penyelidikan pihak kepolisian

53 Warga di Aceh Timur Keracunan Usai Konsumsi Bakso BakarWarga di Gampong Sarag Raja, Kecamatan Pante Bidari, Kabupaten Aceh Timur, diduga mengalami keracunan usai mengkonsumsi bakso bakar (IDN Times/Istimewa)

Hingga kini kasus dugaan keracunan massal yang dialami warga Gampong Sarah Raja, dikatakan Pelaksana Harian Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Kepolisian Resor Aceh Timur, masih dalam penyelidikan.

Guna kebutuhan penyelidikan, sejumlah barang bukti telah disita. Di antaranya 29 tusuk bakso tahu, 6 tusuk bakso bulat, 1 toples berisikan saus cabai merek Bandar, 1 toples berisikan kecap manis merek Bandar.

Selain itu juga disita 1 toples berisikan bumbu racikan bakso bakar, 1 bungkus sisa bumbu racikan bakso bakar, serta 1 unit sepeda motor.

Baca Juga: Viral, Polisi Ini Hilang saat Tsunami Aceh 2004, Ternyata di RSJ

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya