597 dari 1.883 Orang yang Lulus SNMPTN di Unsyiah Penerima KIP Kuliah

Prodi Farmasi masuk lima besar nasional

Banda Aceh, IDN Times - Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) tahun 2020 telah diumumkan pada Rabu (8/4). Tercatat 96.496 siswa dari 489.601 orang yang mendaftar, dinyatakan lulus di 86 perguruan tinggi negeri (PTN) se-Indonesia.

Salah satu perguruan tinggi negeri yang bakal menerima sebagian dari puluhan ribu mahasiswa tersebut adalah Universitas Syiah Kuala, yang berada di Kota Banda Aceh, Aceh.

Rektor Universitas Syiah Kuala, Samsul Rizal mengatakan, pengumuman hasil SNMPTN sudah dapat dilihat melalui laman utama http://pengumuman.snmptn.ac.id/ atau http://snmptn.unsyiah.ac.id/ sejak, Rabu (8/4) mulai pukul 13.00 WIB.

1. Sebanyak 1.883 peserta SNMPTN tahun 2020 diterima di Universitas Syiah Kuala

597 dari 1.883 Orang yang Lulus SNMPTN di Unsyiah Penerima KIP KuliahMahasiswa Universitas Syiah Kuala (Dok. Dialeksis.com)

Ada 10.671 peserta SNMPTN tahun 2020 yang mendaftar di kampus berjulukan Jantong Hatee Rakyat Aceh ini, namun setelah diumumkan, peserta yang dinyatakan lulus hanya 1.883 orang.

Sebanyak 84,28 persen dari jumlah peserta yang diterima di kampus favorit di Provinsi Aceh tersebut, merupakan lulusan dari SMA, SMK, MA di Tanah Rencong.

Secara keseluruhan, tahun ini ada 12.359 peserta asal Aceh, baik putra maupun putri, yang mengikuti seleksi melalui jalur SNMPTN. Adapun yang dinyatakan lulus pada Perguruan Tinggi Negeri di seluruh Indonesia yakni 5.132 peserta.

2. Program Studi Farmasi menempati urutan keempat nasional

597 dari 1.883 Orang yang Lulus SNMPTN di Unsyiah Penerima KIP Kuliahunsyiah.ac.id

Seleksi SNMPTN tahun ini, Universitas Syiah Kuala dikatakan Samsul Rizal berhasil meraih prestasi yang cukup membanggakan. Salah satu program studi yang ada masuk dalam urutan lima besar nasional.

“Pasalnya, Program Studi Farmasi Universitas Syiah Kuala berhasil menempati urutan keempat nasional, sebagai program studi dengan keketatan tertinggi,” kata Samsul Rizal dalam keterangan tertulis, Rabu (8/4).

Jika melihat pemeringkatan tersebut menurutnya, program studi yang ada di kampus tertua di ProvinsiAceh ini semakin diminati para calon mahasiswa di Indonesia.

“Hal ini menunjukkan kualitas program studi Unsyiah semakin baik, sehingga diminati dan diperhitungkan di tingkat nasional. Terlebih lagi, kita berhasil mengungguli beberapa universitas ternama di Indonesia,” ujarnya.

3. Peserta KIP-Kuliah yang diterima ada 597 siswa

597 dari 1.883 Orang yang Lulus SNMPTN di Unsyiah Penerima KIP KuliahRektor Universitas Syiah Kuala, Prof Samsul Rizal (Dok. Humas Unsyiah)

Peserta pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah yang mendaftar dan mengikuti seleksi SNMPTN tahun 2020 ini, sebanyak 95.346 orang. Dari jumlah tersebut, hanya 25.398 siswa dinyatakan lulus.

Di Aceh, jumlah siswa penerima KIP Kuliah yang lulus dikatakan guru besar Universitas Syiah Kuala itu, ada sebanyak 2.235 orang.

“Dari jumlah itu, ada 597 siswa merupakan peserta KIP Kuliah yang diterima di Universitas Syiah Kuala,” kata Samsul Rizal.

4. Mahasiswa yang lulus diharapkan ikut sejumlah tahapan penting kampus

597 dari 1.883 Orang yang Lulus SNMPTN di Unsyiah Penerima KIP Kuliahacehtrend.com

Rektor Universitas Syiah Kuala menyampaikan, bagi calon mahasiswa yang telah dinyatakan lulus melalui jalur SNMPTN, diharapkan mengikuti sejumlah tahapan penting lainnya, salah satunya seperti verifikasi data akademik.

Selain itu, calon mahasiswa juga diminta untuk selalu memantau dan melihat situs web resmi serta media sosial kampus Universitas Syiah Kuala.

Sementara itu bagi yang tidak lulus jalur seleksi SNMPTN, jangan berkecil hati karena masih ada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang dapat diikuti. Pendaftarannya akan mulai dibuka pada 2-20 Juni 2020 mendatang.

“Informasi lengkapnya dapat dilihat melalui laman resmi LTMPT,” kata Samsul Rizal.

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya