Diduga Arus Pendek, 200 Kios Pasar Inpres Lhokseumawe Ludes Terbakar

20 unit pemadam dikerahkan dan butuh waktu 3 jam memadamkan

Lhokseumawe, IDN Times - Si Jago Merah mengamuk di kawasan Pasar Inpres, Kota Lhokseumawe, Aceh, pada, Kamis (9/7) dini hari. Ratusan unit kios di pasar yang terletak di Gampong Teumpok Teungoh, Kecamatan Banda Sakti, Lhokseumawe, ludes terbakar.

“Diperkirakan 90 persen bangunan ruko dan lapak yang berada di dalam pasar inpres terbakar,” kata Anggota Staf Pusat Data dan Informasi Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Haslinda Juwita, Kamis (9/7).

1. Ada 200 unit kios yang terbakar

Diduga Arus Pendek, 200 Kios Pasar Inpres Lhokseumawe Ludes TerbakarKebakaran terjadi di Pasar Inpres Kota Lhokseumawe (Foto: Istimewa)

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Kepolisian Resor Lhokseumawe, Salman mengatakan, kebakaran pertama kali diketahui warga sekitar pukul 01.00 WIB.

Adapun jumlah kios yang terbakar di Pasar Inpres yang terletak di Jalan Listrik Desa Tumpok tersebut mencapai 200 unit. Terdiri dari kios rempah-rempah, sayuran, bahan kelontong, aksesoris, baju, pecah belah, dan sejumlah kios dagang lainnya.

"Ada sekitar 200 unit lapak pedagang atau kios yang berkontruksi kayu terbakar," ujar Salman yang dikonfirmasi IDN Times.

Baca Juga: Bikin Heboh! Ini Potret Goweser Perempuan Tak Berhijab di Banda Aceh

2. Sempat ada suara ledakan dan terlihat asap dari salah satu kios

Diduga Arus Pendek, 200 Kios Pasar Inpres Lhokseumawe Ludes TerbakarKebakaran terjadi di Pasar Inpres Kota Lhokseumawe (Foto: Istimewa)

Sebelum kebakaran hebat tersebut terjadi, warga kabarnya sempat mendengar suara ledakan. Sedangkan, saksi lainnya, bernama Nurhalimah, melihat asap dan api keluar dari salah satu kios.

"Saksi bernama Nurhalimah yang melihat ada api dan asap, sontak meminta tolong hingga warga yang berada di lokasi datang dan menghubungi petugas pemadam kebakaran," kata Salman.

3. Mengerahkan 20 unit mobil pemadam untuk memadamkan api

Diduga Arus Pendek, 200 Kios Pasar Inpres Lhokseumawe Ludes TerbakarKebakaran SMAN 100 Jakarta Timur (Dok. Humas Dinas Gulkarmat DKI Jakarta)

Kebakaran yang terjadi di pasar inpres terbilang dahsyat. Butuh waktu lebih dari tiga jam dan mengerahkan 20 unit mobil pemadam kebakaran untuk bisa memadamkan Si Jago Merah.

"Ada sekitar 20 unit mobil pemadam terlibat baik unit mobil kebakaran dari Kota Lhokseumawe, PT PIM, PT Arun, dan Kabupaten Aceh Utara tiba di TKP untuk membantu memadamkan api," kata Salman.

"Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 04.15 WIB," imbuh kepala Bagian Hubungan Masyarakat Kepolisian Resor Lhokseumawe.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, sementara kerugian yang ditimbulkan akibat kebakaran masih dalam perhitungan. Dugaan sementara, api berasal dari arus pendek listrik di salah satu kios.

Baca Juga: Para Goweser Tak Sesuai Syariat Islam di Banda Aceh Akhirnya Ditangkap

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya