Comscore Tracker

Fenomena Awan Smong di Meulaboh Bikin Heboh, Ini Penjelasan BMKG

Upayakan dihindari dan cari perlindungan bila terjadi lagi

Aceh Barat, IDN Times - Awan hitam panjang menyerupai gelombang smong (tsunami) raksasa tampak di langit Kota Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Aceh, pada Senin (10/8/2020) pagi. Fenomena alam ini sempat menggegerkan warga setempat.

Sejumlah foto dan video dari warga yang diterima IDN Times, menampilkan langit di daerah tersebut diselimuti awan mendung. Di antaranya keadaan cuaca buruk tersebut, awan hitam membentuk gelombang tampak di langit.

Nyak Cut, warga Kota Meulaboh mengatakan, cuaca buruk serta fenomena awan seperti gelombang smong terjadi sekitar pukul 08.30 WIB.

“Suasana di kawasan masjid agung tadi memang suasananya gelap, mendung. Kukira mendung biasa, rupanya ada awannya yang kayak gitu. Setelah itu baru anginnya kencang bersamaan dengan gerimis dan kemudian deras,” kata saat dihubungi via telpon, Senin (10/8/2020).

Fenomena alam yang terbilang langka tersebut baru berakhir setelah hujan deras. “Hujan sampek jam 10 dan sekarang sudah kembali terang,” imbuhnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, kemudian menjelaskan terkait fenomena alam yang terbilang langka tersebut.

1. Awan tersebut biasa disebut awan Arcus, dan termasuk bagian dari awan Cumulonimbus

Fenomena Awan Smong di Meulaboh Bikin Heboh, Ini Penjelasan BMKGAwan menyerupai gelombang smong di langit Kabupaten Aceh Barat (Foto: Istimewa)

Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda, Zakaria Ahmad mengatakan, fenomena awan yang menyerupai ombak menggulung atau gelombang smong raksasa itu biasanya disebut sebagai awan Arcus.

“Awan ini masih bagian dari awan Cumulonimbus dan merupakan awan rendah. Biasanya berada pada satu level,” kata Zakaria, saat dikonfirmasi, Senin (10/8/2020).

Baca Juga: [BREAKING] Terjadi Fenomena Awan Smong, Warga Meulaboh Heboh

2. Dampak dari awan itu berupa cuaca buruk

Fenomena Awan Smong di Meulaboh Bikin Heboh, Ini Penjelasan BMKGFoto awan menyerupai gelombang smong di Kabupaten Aceh Barat (Foto: Istimewa)

Ia menjelaskan, awan ini biasanya terjadi di daerah yang tidak begitu luas, sehingga kehadirannya tidak dapat dipantau oleh satelit.

Sehubungan dengan itu, disebutkan, ada sejumlah cuaca buruk yang bisa ditimbulkan dari kehadiran awan tersebut jika tampak di langit-langit pada suatu daerah.

“Awan ini juga dapat menimbulkan angin kencang, hujan lebat, bisa juga terjadi kilat, petir, angin putting beliung atau hujan es,” ungkap Zakaria.

3. Jika ada terlihat awan smong, warga lebih baik untuk menghindar

Fenomena Awan Smong di Meulaboh Bikin Heboh, Ini Penjelasan BMKGAwan menyerupai gelombang smong di langit Kabupaten Aceh Barat (Foto: Istimewa)

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang menyampaikan, jika fenomena yang sama terjadi kembali, warga diminta untuk menghindari dan cari perlindungan.

“Imbauan kepada warga, bila terlihat awan itu lagi agar cepat-cepat mecari perlindungan, jangan bertahan di lapangan terbuka dan bagi nelayan agar segera berlabuh ke darat,” ujar Zakaria.

Baca Juga: [BREAKING] Erupsi Sinabung, Hujan Abu Bikin Desa Naman Gelap Gulita

Topic:

  • Muhammad Saifullah
  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya