Jelang Imlek, Vihara Dharma Bhakti Bersihkan Patung Dewa

Lampion mulai menghiasi langit-langit vihara

Banda Aceh, IDN Times - Tahun Baru Imlek 2571 Kongzili baru akan diperingati pada 25 Mei 2020 mendatang. Namun, berbagai persiapan telah mulai dilakukan dalam menyambut salah satu perayaan penting bagi etnis Tionghoa tersebut. Seperti merapikan tempat peribadatan.

Di Kota Banda Aceh sendiri tepatnya di Vihara Dharma Bhakti sudah mulai melakukan persiapan dan pembenahan menyambut tahun baru pertanggalan etnis Tionghoa tersebut.

1. Memoles kembali cat yang mulai lekang pada tiang

Jelang Imlek, Vihara Dharma Bhakti Bersihkan Patung DewaPekerja sedang melakukan perawatan pada pilar Vihara Dharma Bhakti, Kota Banda Aceh (IDN Times/Saifullah)

Penjaga Vihara Dharma Bhakti, Hasan atau Go Hasan mengatakan, mulai hari ini hingga besok, Sabtu (18/1), dirinya akan melakukan perbaikan dan perawatan bangunan. Misalnya, melakukan pengecatan ulang pada pilar bangunan yang catnya mulai rontok.

“Hari ini cuma poles saja, memperbaiki yang rusak dan supaya lebih mengkilat. Ini lekang dia, jadi harus dicat ulang. Hanya ini saja,” kata

2. Lampion mulai menghiasi langit-langit vihara

Jelang Imlek, Vihara Dharma Bhakti Bersihkan Patung DewaLampion di Vihara Dharma Bhakti, Kota Banda Aceh (IDN Times/Saifullah)

Salah satu aksesoris yang identik dengan perayaan Tahun Baru Imlek adalah lampion. Di Vihara Dharma Bhakti sendiri, lampion pun tampak telah terpasang di langit-langit teras tempat peribadatan tersebut.

Hasan mengatakan, pemasangan lampion tidak jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Ada 16 buah lampion yang dibawa dari Medan, Sumatera Utara. Semua telah terpasang dan siap menghiasi vihara yang biasa digunakan 400-an umat Buddha di Kota Banda Aceh untuk beribadah.

“Lampion juga sudah ganti yang baru. Ini setiap tahun diganti. Dibawa langsung dari Medan. Ada sekitar 16 lampion dipasang, untuk di luar,” ungkapnya.

3. Akan bersihkan patung dewa

Jelang Imlek, Vihara Dharma Bhakti Bersihkan Patung DewaVihara Dharma Bhakti, Kota Banda Aceh (IDN Times/Saifullah)

Menyambut Tahun Baru Imlek, tidak hanya melakukan pembersihan, perbaikan, perawatan bangunan vihara saja. Akan tetapi, patung-patung dewa yang ada di dalamnya juga harus dibersihkan.

Di Vihara Dharma Bhakti, pembersihan secara keseluruhan dikatakan Hasan sudah dilakukan pada Minggu (19/1) kemarin.

“Nanti Hari Minggu baru melakukan pembersihan semuanya. Termasuk patung para dewa. Persiapan hanya menggunakan kain bersih dan air bersih, untuk kuningan yang ada itu pakai pembersih logam,” ujar Hasan.

Hasan menyampaikan, persiapan lainnya akan terus dilakukan mulai hari ini hingga tanggal 24 Januari atau satu hari sebelum perayaan Tahun Baru Imlek.

Baca Juga: Jelang Imlek, Ornamen Pohon Sakura Berlampu Paling Banyak Diminati

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya