Comscore Tracker

Meski di Tengah Pandemik, Salat Idul Adha di Aceh Tetap Padat

Warga tetap merasa khidmat

Banda Aceh, IDN Times - Meski dalam suasana pandemik Virus Corona atau COVID-19, ribuan masyarakat tetap memadati Masjid Raya Baiturrahman, di Kota Banda Aceh, Aceh, Jumat (31/7/2020).

Bahkan pelaksanaan Salat Idul Adha 1441 Hijriah yang dilaksanakan di masjid kebanggaan masyarakat Aceh itu pun berlangsung khidmat.

Adapun imam salat, yakni Ustad Jamhuri, sementara yang bertugas sebagai khatib yaitu Teungku Salman Abdul Mutalib.

1. Meski dalam suasana pandemik jemaah nyaris memenuhi halaman masjid

Meski di Tengah Pandemik, Salat Idul Adha di Aceh Tetap PadatSalat Iduladha di Masjid Raya Baiturrahman, Kota Banda Aceh (IDN Times/Saifullah)

Berdasarkan amatan, meski tidak seramai seperti tahun sebelumnya namun jemaah Salat Idul Adha dalam suasana pandemik terbilang cukup ramai.

Jemaah tak hanya melaksanakan salat di atas marmer yang mampu menampung hingga 30 ribu orang saja, namun juga hingga sampai ke bagian rumput dari halaman masjid.

Baca Juga: Masjid Raya dan Masjid Agung Medan Tetap Gelar Salat Iduladha

2. Petugas membagi-bagikan masker kepada jemaah yang tidak memakai masker

Meski di Tengah Pandemik, Salat Idul Adha di Aceh Tetap PadatPetugas membagi-bagikan masker kepada jemaah yang tidak membawa masker ketika akan salat di Masjid Raya Baiturrahman (IDN Times/Saifullah)

Sejumlah petugas gabungan dari TNI, Polri, serta Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hisbah tampak dikerahkan untuk berjaga-jaga di seluruh penjuru pintu masuk halaman Masjid Raya Baiturrahman.

Tak hanya sekedar menjaga, petugas juga membagikan masker kepada para jemaah yang tidak memiliki masker dan akan memasuki pekarangan masjid.

Tindakan ini dilakukan sebagai bentuk untuk menerapkan protokol kesehatan selama tatanan baru beradaptasi.

3. Masyarakat merasa nyaman dan bisa khidmat melaksanakan ibadah salat

Meski di Tengah Pandemik, Salat Idul Adha di Aceh Tetap PadatSalat Iduladha di Masjid Raya Baiturrahman, Kota Banda Aceh (IDN Times/Saifullah)

Aulia, seorang warga Kota Banda Aceh mengaku, jika merasa nyaman melaksanakan Salat Idul Adha meski masih dalam suasana pandemik seperti saat ini.

Apalagi, dikatakannya, petugas keamanan tetap setiap mengingatkan mereka untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Alhamdulillah Salat Idul Adha tadi cukup khidmat pelaksanaannya," kata Aulia, usai melaksanakan salat.

"Pelaksana Salat Idul Adha, hari ini, cukup tertib. Di mana tadi para jamaah mengikuti protokol kesehatan yang ada. Tadi juga setia pintu masuk dijaga baik dari TNI maupun Polri. Bagi masyarakat yang tidak membawa masker, itu disediakan masker oleh petugas," ujarnya.

Baca Juga: Siap Berbagi, 10 Potret Selebriti Berburu Hewan Kurban untuk Hari Raya

Topic:

  • Muhammad Saifullah
  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya