Comscore Tracker

Stok Sempat Menipis, Aceh Salurkan Lagi Vaksin Sinovac ke Daerah 

38.300 vial Vaksin Sinovac sudah diterima

Banda Aceh, IDN Times - Pemerintah Provinsi Aceh melalui Dinas Kesehatan Provinsi Aceh kembali mendistribusikan Vaksin Sinovac ke seluruh kabupaten kota di provinsi itu.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Aceh, Hanif, mengatakan, pihaknya telah mendistribusikan langsung ke seluruh daerah sesuai dengan alokasi yang disepakati.

“Mudah-mudahan sudah diterima semuanya oleh satgas COVID-19 kabupaten kota,” kata Hanif dalam keterangan yang diterima, pada Senin (2/8/2021).

1. Telah menerima 38.300 vial vaksin dan akan menerima 93.000 vial lagi

Stok Sempat Menipis, Aceh Salurkan Lagi Vaksin Sinovac ke Daerah Vaksinasi COVID-19 di Aceh (IDN Times/Muhammad Saifullah)

Aceh menerima kiriman 38.300 vial Vaksin Sinovac pada Jumat (30/7/2021). Kedatangan vaksin tersebut sekaligus menjawab keluhan beberapa hari terakhir mengenai stok vaksin COVID-19 yang habis di sejumlah kabupaten kota.

"Kita menerima 38.300 vial vaksin sinovac untuk kebutuhan vaksinasi di kabupaten kota,” ujar Hanif.

Ia melanjutkan, Pemerintah Pusat akan mengirimkan lagi vaksin COVID-19 kepada Satgas COVID-19 Pemerintah Aceh, pada Senin (2/8/2021) hari ini. "Sekitar 93.000 vial yang akan dikirim," ucap Hanif.

Ditambahkan, vaksin baru yang akan dikirim nanti lebih difokuskan pada suntik dosis 2. Di mana sebanyak 83.800 adalah vaksin vial kedua. dan 9.200 vaksin vial pertama.

Baca Juga: Asrama Haji Lokasi Isolasi Pasien COVID-19, 240 Tempat Tidur Tersedia

2. Berharap stok vaksin yang baru diterima bisa menjawab kekosongan stok

Stok Sempat Menipis, Aceh Salurkan Lagi Vaksin Sinovac ke Daerah Vaksinasi COVID-19 di Aceh (IDN Times/Muhammad Saifullah)

Hanif berharap dengan diterimanya stok vaksin tersebut, bisa menjawab keluhan sejumlah kabupaten kota yang kehabisan stok vaksin COVID-19 beberapa hari terakhir.

Ia merinci, sebagian dari seluruh daerah yang mendapatkan kiriman vaksin dalam distribusi kemarin, yaitu, Aceh Besar mendapat stok vaksin yang paling banyak, yakni 3.500 vial.

Sementara Aceh Barat Daya mendapatkan 2.500 vial. Selanjutnya adalah Banda Aceh, Aceh Timur, Aceh Tengah, Aceh Tamiang, Bener Meriah, Langsa dan Kota Lhokseumawe masing-masing mendapatkan jatah 2.000 vial.

Beberapa daerah mendapatkan stok vaksin lebih banyak, karena banyaknya masyarakat yang mengantri untuk suntik vaksin dan stok tersisa mulai sangat terbatas.

Sementara itu Kepala Biro Humas dan Protokol Sekretaris Daerah (Setda) Provinsi Aceh yang juga Kepala Bidang Komunikasi Publik Satgas COVID-19 Aceh, Muhammad Iswanto, , menyebutkan sampai dengan tanggal 28 Juli 2021 Pemerintah Aceh telah menerima 989.107 vial vaksin.

"Kemudian pada Kamis (29/7/2021) kemarin kita juga telah menerima tambahan 33.300 vial lagi, yaitu jenis Moderna yang akan dikhususkan untuk vaksinasi tenaga kesehatan tahap ketiga. Selanjutnya, Jumat, kita menerima 38.300 vial Sinovac," ungkap Iswanto.

3. Aceh sempat mengalami kekosongan stok vaksin

Stok Sempat Menipis, Aceh Salurkan Lagi Vaksin Sinovac ke Daerah Vaksinasi COVID-19 di Aceh (IDN Times/Muhammad Saifullah)

Beberapa waktu lalu Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Aceh, Iman Murahman mengatakan, stok Vaksin Sinovac di Aceh sempat menipis. Bahkan vaksin COVID-19 itu sempat kosong di sejumlah kabupaten kota.

"Stok masih ada, tapi diperkirakan dalam dua hingga tiga hari ke depan. Banyak kabupaten kota yang hampir habis vial vaksinnya," kata Iman dilansir dari Antara, Senin (26/7/2021).

"Kalau daerah lain rata-rata juga sudah menipis. Kita lihat stok punya provinsi itu hanya tersisa sekitar 1.900 vial lagi di gudang," tambahnya.

Baca Juga: Realisasi Vaksinasi di Sumut Rendah, Pasokan dari Pusat Dikeluhkan

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya