Truk Pengangkut Elpiji Alami Kebocoran Tangki di Pemukiman Warga

Gas terus keluar dari tangki yang berisi penuh elpiji

Pidie, IDN Times - Truk tangki bermuatan elpiji mengalami kebocoran tangki ketika melintas Jalan Medan-Banda Aceh tepatnya di kawasan Gampong Dayah Caleue, Kecamatan Indra Jaya, Kabupaten Pidie, Aceh, pada Jumat (22/1/2021), sekitar pukul 06.00 WIB.

Muatan gas yang ada di dalam tangki keluar, sehingga membuat jalan lintas nasional tersebut terganggu serta harus ditutup dan arus lalu lintas terpaksa dialihkan untuk sementara waktu.

“Telah terjadi kebocoran mobil tangki bermuatan elpiji, lokasinya tepat di depan Kantor Camat Indra Jaya,” kata Kepala Kepolisian Resor Pidie, Ajun Komisaris Besar Polisi Zulhir Destrian, pada Jumat (22/1/2021).

1. Tangki truk mengalami kebocoran di sisi kiri

Truk Pengangkut Elpiji Alami Kebocoran Tangki di Pemukiman WargaTangki truk pengangkut elpiji bocor di Pidie, Aceh (Foto: Istimewa)

Truk tangki warna putih dengan nomor polisi BK9064FA yang dikendarai Sunardi (37), awalnya berangkat dari Stasiun Pengisian Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE) Pertamina Depot Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara.

Setibanya di lokasi kejadian, terlihat tangki truk mengalami kebocoran di sisi sebelah kiri sehingga supir truk langsung menghentikan kendaraan pengangkut gas tersebut.

“Ada bocor tangki sebelah kiri sehingga mobil kemudian dihentikan dan menimbulkan kemacetan,” ujar Zulhir.

Baca Juga: Bikin Pangling, 10 Potret Asli Kiki Pembantu Aldebaran di Ikatan Cinta

2. Dikerahkan pemadam kebakaran untuk menyemprot gas yang bocor

Truk Pengangkut Elpiji Alami Kebocoran Tangki di Pemukiman WargaTangki truk pengangkut elpiji bocor di Pidie, Aceh (Foto: Istimewa)

Mengantisipasi dan menghindari hal yang tidak diinginkan dari insiden kebocoran tangki truk pengangkut elpiji, personel pemadam kebakaran setempat dikerahkan ke lokasi untuk melakukan penyemprotan.

“Dikarenakan tangki tersebut penuh muatan dan gas terus keluar, dilakukan penyemprotan oleh pemadam kebakaran,” ujar kepala Kepolisian Resor Pidie tersebut.

Jalan Medan-Banda Aceh sempat ditutup oleh pihak kepolisian dan warga setempat diminta untuk tidak mendekat ke lokasi. Mengurangi kemacetan maka arus lalu lintas terpaksa dialihkan ke jalur alternatif.

3. Rencananya gas elpiji dibawa dari Pangkalan Susu menuju Aceh Besar

Truk Pengangkut Elpiji Alami Kebocoran Tangki di Pemukiman WargaTangki truk pengangkut elpiji bocor di Pidie, Aceh (Foto: Istimewa)

Sebelum kejadian, truk berisi elpiji yang dibawa Sunardi warga Simalungun, Sumatra Utara beserta asistennya Supian Tarigan (36) warga Aceh Tamiang, Aceh beranjak dari Pangkalan Susu.

Rencananya, gas yang mereka bawa akan diantar ke Stasiun Pengisian Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE) Pertamina Depot Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar, Aceh.

“Dibawa dari SPPBE Pangkalan Susu untuk diantar ke SPPBE di Indrapuri,” kata Zulhir.

Belum diketahui secara pasti apa penyebab tangki truk bocor, namun petugas kepolisian telah menghubungi pihak PT Pertamina untuk mengecek dan mengamankan truk.

Baca Juga: Dugaan Korupsi Kampus II USU, Rektor Runtung: Silakan Tanya Penyidik

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya