Zainal yang Diduga Polisi Korban Tsunami Disebut Memiliki Jiwa Brimob

Hasil tes DNA keluar dua pekan lagi

Banda Aceh, IDN Times - Kepastian Zainal Abidin, pasien pria di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Aceh sebagai Ajun Brigadir Polisi (Abrip) Asep, belum bisa disimpulkan.

Hal itu dikarenakan belum keluarnya hasil tes DNA serta analisa data ciri fisik dari Zainal Abidin yang telah diambil oleh Tim Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Kepolisian Daerah beberapa waktu lalu.

"Hasil DNA, dua pekan lagi baru keluar,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah, Komisaris Besar Polisi Winardy.

1. Ketika diputar lagu dan yel-yel brimob, Zainal Abidin berupaya mengikuti

Zainal yang Diduga Polisi Korban Tsunami Disebut Memiliki Jiwa BrimobAbripda Asep, Polisi yang hilang saat Tsunami Aceh telah ditemukan di Rumah Sakit Jiwa (Instagram.com/ndorobeii)

Beberapa waktu lalu, sejumlah personel brimob terutama mereka yang satu angkatan dengan Abrip Asep, datang berkunjung ke rumah sakit jiwa untuk melihat langsung Zainal Abidin.

Ketika berjumpa dengan pria yang mereka duga sebagai anggota Brimob Resimen II Kedung Halang itu, para personel brimob menyanyikan sejumlah yel-yel serta lagu dari kesatuan brimob.

"Letingnya saat berkunjung ke sana, itu dinyanyikan lagu batalion mereka, lagu-lagu brimob juga, dan pasien langsung sikap sempurna seolah-olah ingin bernyanyi tetapi dia tidak bisa selain hanya mendegum, berusaha mengikuti apa yang dinyanyikan letingnya," kata Winardy.

Meskipun demikian, itu hanyalah bentuk spontanitas dari rekan-rekan Asep, guna memastikan bahwa pria itu adalah rekan mereka yang sempat dinyatakan hilang dalam peristiwa gempa dan tsunami Aceh pada 26 Desember 2004 silam.

“Itu hanya spontanitas dari kawan-kawannya saat berkunjung,” ujarnya.

Baca Juga: Zainal Mirip Polisi Korban Tsunami Aceh, Adik Asep: 80 Persen! 

2. Akui bila jiwa brimob ada pada Zainal Abidin

Zainal yang Diduga Polisi Korban Tsunami Disebut Memiliki Jiwa BrimobAbripda Asep, Polisi yang hilang saat Tsunami Aceh telah ditemukan di Rumah Sakit Jiwa (Instagram.com/ndorobeii)

Melihat sikap yang ditunjukkan oleh Zainal Abidin ketika mendapat kunjungan oleh para personel brimob, Winardy mengatakan, jika pasien pria itu memiliki jiwa brimob di dalam dirinya.

Ditambah lagi, ketika ada seorang personel datang dengan mengenakan seragam lengkap brimob, Zainal Abidin dikatakan, langsung menyebutkannya sebagai senior.

"Jadi memang jiwa-jiwa dia sebagai aparat kepolisian itu memang masih ada, tetapi kita tidak mau berspekulasi lagi. Tetap kita masih menunggu hasil DNA yang bersangkutan," ujar Winardy.

3. Pihak keluarga Abrip Asep belum ada berkunjung ke Aceh

Zainal yang Diduga Polisi Korban Tsunami Disebut Memiliki Jiwa BrimobTim Biddokkes Polda Aceh ketika memeriksa Zainal Abidin yang diduga Abrip Asep (IDN Times/Istimewa)

Sementara, terkait kabar adanya orang tua Abrip Asep telah tiba di Banda Aceh dan menjumpai Zainal Abidin di rumah sakit jiwa, Winardy belum bisa memastikan jika itu benar.

"Kalau dari kami, informasi itu belum ada dan belum sampai ke kami yang bersangkutan sudah ada. Dan kalau ada yang bersangkutan sudah ada pasti pihak rumah sakit juga akan memberikan informasinya ke kami," ungkapnya.

Seperti diketahui, Zainal Abidin diduga kuat sebagai salah seorang pasukan Bantuan Keamanan Operasional yang dikirim ke Kepolisian Daerah Aceh. Ia dinyatakan hilang ketika peristiwa tsunami.

Baca Juga: Pasien RSJ yang Diduga Polisi Korban Tsunami Pernah Coba Dipulangkan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya