Sandiaga Optimistis Indonesia Bisa Jadi Pusat Ekonomi Halal Dunia

Sandiaga contohkan negara lain yang menggarap ekonomi halal

Jakarta, IDN Times – Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno optimistis Indonesia bisa menjadi pusat ekonomi halal dunia dalam beberapa tahun mendatang.

Ia pun mengingatkan agar masyarakat Indonesia dapat memanfaatkan kemampuan tersebut dengan sebaik-baiknya. Ekonomi halal menjadi salah satu program kerjanya jika terpilih pada Pilpres 2019.

1. Potensi ekonomi halal bisa mencapai Rp3.300 triliun

Sandiaga Optimistis Indonesia Bisa Jadi Pusat Ekonomi Halal DuniaIDN Times/Mulyani Citra Setiawati

Sandiaga mengingatkan, jangan sampai Indonesia yang penduduknya mayoritas muslim terbesar dunia, tidak mampu memanfaatkan kesempatan untuk menjadi pusat ekonomi halal.

Dia menuturkan, negara lain yang memiliki populasi muslim lebih minim seperti Thailand, Korea Selatan, dan Jepang sudah menggarap ekonomi halal ini secara serius. Menurut Sandi, potensi ekonomi halal bisa mencapai Rp3.300 triliun.

2. Target Sandiaga jika menang di Pilpres 2019

Sandiaga Optimistis Indonesia Bisa Jadi Pusat Ekonomi Halal DuniaIDN Times/Mulyani Citra Setiawati

Sandiaga pun berjanji jika terpilih pada Pilpres 2019 bersama pasangannya Prabowo Subianto, mereka akan membawa Indonesia menjadi pemain dan pemenang. Ia berpesan agar masyarakat tidak hanya jadi penonton saja.

“Target Indonesia menang dalam lima tahun harus masuk ke dalam target lima besar ekonomi halal dunia, dan dalam 10 tahun menjadi peringkat pertama ekonomi halal dunia. Lebih cepat lebih baik,” ujarnya

3. Yakin Indonesia akan menjadi pusat ekonomi halal dunia

Sandiaga Optimistis Indonesia Bisa Jadi Pusat Ekonomi Halal DuniaIDN Times/Mulyani Citra Setiawati

Dalam kesempatan ini, Sandi memiliki keyakinan bahwa Indonesia akan menjadi pusat ekonomi halal dunia dalam beberapa tahun mendatang.

Syarat utamanya adalah rakyat Indonesia harus menjadi pelaku utama industri halal dan membuatnya populer di negerinya sendiri.

4. Contoh makanan halal produk asli Indonesia

Sandiaga Optimistis Indonesia Bisa Jadi Pusat Ekonomi Halal DuniaIDN Times/Mulyani Citra Setiawati

Pada kesempatan ini, beberapa contoh makanan halal diperlihatkan. Di antaranya makanan halal yang dihasilkan dari Hutan Sanggabuana yakni madu endemik dengan berbagai varian, di mana semakin hitam warna madu yang dihasilkan khasiatnya semakin bagus. Harganya Rp150.000 per botol.

Madu ini dihasilkan dari lebah trigona. Tersedia juga berbagai macam kopi seperti kopi Lampung dengan harga Rp50.000 per bungkus.

5. Ekonomi yang baik bisa memulangkan anak bangsa yang ada di luar negeri

Sandiaga Optimistis Indonesia Bisa Jadi Pusat Ekonomi Halal DuniaIDN Times/Gregorius Aryodamar

Sandiaga memaparkan, anak-anak bangsa yang tersebar di luar negeri akan pulang dengan sendirinya jika Indonesia membangun ekosistem industri halal dan membuat komitmen yang jelas. Kemudian juga ada political will yang bisa dirasakan.

"Anak-anak bangsa kita sangat dihargai oleh negara-negara lain. Permasalahan ini menjadi PR untuk kita merangkul putra-putri bangsa terbaik. Salah satu contohnya adalah Prof Dr Irwan Jaswir yang sekarang tinggal di luar. Kita harus membangun komitmen untuk menjadikan ini sebagai ekosistem," ujar Sandiaga.

Setelah adanya ekosistem ini, dia melanjutkan, otomatis membangun pasar terbesar di Indonesia dan mudah memindahkan putra-putri terbaik milik bangsa untuk berkarya di Tanah Air sendiri.

Baca Juga: Dana Kampanye Prabowo-Sandiaga Tembus Rp83 Miliar

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya