Bayi Perempuan Ditemukan di Serambi Masjid Jalur Madiun-Surabaya

Tiga kasus selama dua pekan terakhir
Madiun, IDN Times - Penemuan bayi kembali terjadi di Kabupaten Madiun, Jumat (4/12/2020) pagi. Orok berjenis kelamin perempuan itu ditemukan di serambi Masjid Al - Falah yang berada di tepi Jalan Raya Madiun-Surabaya, Desa Tiron, Kecamatan Madiun, Kabupaten Madiun. 
 
Kondisinya diketahui sehat. Meski demikian, bayi yang diperkirakan berusia tiga hari itu tetap dibawa ke RSUD Caruban untuk dirawat.
 
"Kondisi bayi stabil. Berat badannya 2,9 kilogram," kata petugas di ruang perinatologi RSUD Caruban, Amirotun. 

1. Bayi diperkirakan berusia tiga hari 

Bayi Perempuan Ditemukan di Serambi Masjid Jalur Madiun-SurabayaSesosok bayi dibawa ke puskesmas. Dok. IDN Times/Istimewa

Menurut dia, sejak diterima dari polisi yang membawa ke rumah sakit, kondisi bayi bersih. Tali pusat sudah dipotong dan dilapisi kain kasa.
 
Kain perban merupakan bagian dari barang bukti yang ditemukan di tempat kejadian perkara. Perlengkapan lain yang ditemukan di dekat bayi, seperti sejumlah pakaian, minyak telon, popok, topi, dan susu formula. 

2. Masih diselidiki polisi

Bayi Perempuan Ditemukan di Serambi Masjid Jalur Madiun-SurabayaTKP ditemukannya bayi. Dok.IDN Times/Istimewa

Kapolsek Nglames, AKP Suwandono, menyatakan bahwa pihaknya belum dapat mengungkap peristiwa itu. Maka, sejumlah saksi masih dimintai keterangan tentang penemuan bayi dan kemungkinan orang yang diketahui meletakkan bayi di masjid. 
 
"Saat ini, kami masih melakukan penyelidikan. Semoga segera terungkap," kata Suwandono singkat melalui WhatsApp. 

Baca Juga: Lebih dari 10 Keluarga Ingin Adopsi Bayi yang Ditemukan di Pos Ronda

3. Saat ditemukan, bayi sedang tidur di keset masjid 

Bayi Perempuan Ditemukan di Serambi Masjid Jalur Madiun-SurabayaPetugas RSUD Caruban merawat bayi. Dok. IDN Times/Istimewa

Sementata itu, Mohammad Toha, orang yang pertama kami menemukan bayi mengatakan bahwa ia baru saja tiba di masjid sekitar pukul 03.40 WIB. Saat itu, ia hendak azan Subuh. Ketika hendak membuka kunci pintu utama masjid, Toha kaget lantaran di keset terlihat sesosok bayi yang tengah tidur.

"Saya menggendong dan membawanya pulang untuk diselamatkan" ujar dia. 
 

4. Tiga penemuan bayi belum terungkap 

Bayi Perempuan Ditemukan di Serambi Masjid Jalur Madiun-SurabayaSesosok bayi dibawa ke puskesmas. Dok. IDN Times/Istimewa

Penemuan bayi itu disampaikan Toha kepada sejumlah warga. Hingga akhirnya informasi pun menyebar dan ditindaklanjuti polisi. 
 
Sementara itu, kasus ini penemuan bayi ini bukan yang pertama kali terjadi di Madiun. Peristiwa serupa telah terjadi di Kecamatan Jiwan dan Balerejo selama dua pekan terakhir.

Dari rentetan temuan bayi yang diduga kuat sebagai penelantaran itu belum ada yang terungkap. Orangtua bayi maupun alasan yang mengarah pada penelantaran belum diketahui. 

Baca Juga: Polisi Madiun Masih Kesulitan Ungkap Kasus Penemuan Bayi di Pos Ronda

Nofika Dian Nugroho Photo Verified Writer Nofika Dian Nugroho

Penulis lepas yang tinggal di Caruban, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya