Diduga Sakit Jantung, Pria Asal Madiun Ini Meninggal saat Bersepeda 

Tubuh korban diketahui sempat gemetar sebelum jatuh 

Madiun, IDN Times – Seorang pria meninggal dunia saat bersepeda di Desa Mojopurno, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, Senin (27/7/2020). Adalah Slamet Riyadi (63), warga Kaibon, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun yang tutup usia diduga karena mengalami serangan jantung.

“Menurut keterangan saksi, korban sering merasakan sakit pada dada bagian kiri. Sebelum jatuh juga sempat gemetar,” terang Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Madiun Muhammad Zahrowi kepada IDN Times.

1. Petugas yang melakukan evakuasi memakai APD 

Diduga Sakit Jantung, Pria Asal Madiun Ini Meninggal saat Bersepeda Ilustrasi identifikasi jenazah (IDN Times/Sukma Shakti)

Informasi tentang dugaan penyebab kematian Slamet disampaikan beberapa tetangganya yang mendatangi tempat kejadian perkara (TKP). Namun demikian, pihak BPBD tidak dapat memastikan tentang musababnya. “Kalau ingin mengetahui pastinya, dapat menghubungi RSUD Dolopo,” ujar Zahrowi.

Memang jenazah korban langsung dibawa ke RSUD Dolopo, Kabupaten Madiun. Pengecekan luar atau visum et repertum dijalankan untuk mengetahui penyebab kematian. Upaya ini dilakukan lantaran petugas memakai alat pelindung diri (APD) penanganan kasus COVID-19 saat melakukan evakuasi.

2. Terapkan SOP untuk antisipasi penularan COVID-19 

Diduga Sakit Jantung, Pria Asal Madiun Ini Meninggal saat Bersepeda Ilustrasi jenazah. IDN Times/Sukma Shakti

Selain itu, disinfektan disemprotkan ke tubuh korban sebelum dimasukkan kantong jenazah. Zahrowi menyatakan bahwa setiap peristiwa kematian secara mendadak dan di tempat umum senantiasa menerapkan standar penanganan kasus COVID-19.

Hal ini untuk mengantisipasi penularan kepada petugas yang melakukan evakuasi. “Kami tidak mau ambil risiko terhadap kemungkinan penularan COVID-19,” ujar mantan Camat Dagangan ini.

Baca Juga: 21 Nakes di Blitar Positif COVID-19, Diduga Tertular Komunitas Sepeda

3. Hobi bersepeda sejak lama  

Diduga Sakit Jantung, Pria Asal Madiun Ini Meninggal saat Bersepeda Jenazah korban yang meninggal ketika sedang bersepeda berhasil dievakuasi. Dok.IDN Times/Istimewa

Sementara itu, Zaenuri, salah satu keluarga korban menyatakan bahwa Slamet memiliki kebiasaan bersepeda sejak lama. Hampir setiap pagi, pria lanjut usia itu melakukan olahraga kesukaannya dengan rute yang berbeda-beda di wilayah Madiun.

“Biasanya sendirian. Mungkin agar bisa sehat dari rasa sakit pada dadanya yang sering dikeluhkan,” ujar Zaenuri di lokasi kejadian.

Baca Juga: Jaga Imun, Pemkot Madiun Bagikan Telur dan Susu Gratis kepada Warga

Nofika Dian Nugroho Photo Verified Writer Nofika Dian Nugroho

Penulis lepas yang tinggal di Caruban, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya