LRT Jabodebek yang Bertabrakan Mulai Dibongkar di PT INKA

Tiba di Madiun pada Kamis malam

Madiun, IDN Times - PT Industri Kereta Api Indonesia atau INKA (Persero) mulai mengidentifikasi kerusakan kereta Light Rail Trainset (LRT) Jabodebek yang bertubrukan di lintasan Harjamukti, Cibubur, Senin (25/10/2021). Proses itu dilakukan setelah enam kereta yang merupakan bagian dari trainset bernomor 29 dan 20 tiba di PT INKA, Madiun pada Kamis (4/11/2021) malam.

"Hari ini mulai dibongkar untuk mengetahui kerusakannya," kata Senior Manager PKBL, CSR & Stakeholder Relationship PT INKA, Bambang Ramadhiarto, Jumat (5/11/2021).

1. Investigasi kerusakan oleh PT INKA

LRT Jabodebek yang Bertabrakan Mulai Dibongkar di PT INKAPengecekan LRT Jabodebek di PT INKA Madiun. Istimewa

Pembongkaran sekaligus investigasi yang dilakukan akan membutuhkan waktu selama sepekan hingga dua pekan. Dari tahapan ini diharapkan akan diketahui nilai kerugian yang dialami PT INKA akibat tabrakan pada masa uji coba kereta layang ringan tersebut.
Setelah proses itu rampung, upaya perbaikan maupun penggantian komponen yang rusak akan dilakukan. Adapun masa pengerjaannya belum dapat dipastikan lantaran masih melihat tingkat kerusakan pada komponen. Selain itu ditentukan oleh durasi waktu pemesanan maupun pengiriman spare part jika harus diimport.

Baca Juga: LRT Tabrakan di Munjul, Dirut PT INKA: Ada Indikasi Human Error

2. Tingkat kerusakan kereta yang dibawa ke Madiun paling parah

LRT Jabodebek yang Bertabrakan Mulai Dibongkar di PT INKALRT Jabodebek tiba di PT INKA Madiun. Istimewa

Bambang menyatakan, enam kereta yang telah tiba di Madiun memiliki tingkat kerusakan yang parah. Indikatornya, seperti kerusakan pada bagian body. "Untuk pengiriman dari Jakarta ke Madiun sama seperti waktu diberangkatkan dari Madiun beberapa hari lalu. Jalurnya melalui jalan tol Trans Jawa, tapi arahnya (perjalanan) berbeda," ia menjelaskan.

Tahapan itu dimungkinkan masih akan berlangsung. Sebab, proses identinfikasi sejumlah kereta lain yang masih bagian dari trainset kereta LRT bernomor 29 dan 20 juga dilangsungkan di Jakarta. Apabila sulit ditangani di sana maka akan dikirim ke PT INKA di Madiun.

3. Tidak melibatkan pihak dari luar instansi

LRT Jabodebek yang Bertabrakan Mulai Dibongkar di PT INKALRT Jabodebek tiba di PT INKA, Madiun. Istimewa

Dalam masa identifikasi dan perbaikan,  Bambang menyatakan bahwa pihaknya tidak membentuk tim khusus. Untuk penanganannya dilakukan oleh tim teknis dari perusahaan milik negara tersebut. "Tidak melibatkan pihak dari luar. Bagian dari produksi dan teknologi (PT INKA) yang akan melakukan investigasi kerusakan," ujar dia.

Nofika Dian Nugroho Photo Verified Writer Nofika Dian Nugroho

Penulis lepas yang tinggal di Caruban, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya