Pernikahan Din dengan Cucu Pendiri Pondok Gontor Berlangsung Tertutup

Hanya diikuti oleh beberapa anggota keluarga

Ponorogo, IDN Times – Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin resmi menikahi Rashda Diana, cucu dari KH Imam Zarkasyi. KH Imam Zarkasyi merupakan salah satu Trimurti, sebutan tiga pendiri Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG), Minggu (3/1/2021).

Prosesi akad nikah mereka berlangsung di ‘rumah pusaka’ kompleks PMDG yang masuk wilayah Desa Gontor, Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo. “Pagi tadi sekitar pukul 09.00. Untuk acaranya digelar tertutup karena sedang pandemik COVID-19,” kata paman dari Rashda Diana, K.H. Hamid Fahmy Zarkasyi saat dihubungi IDN Times, Minggu petang.

1.  Prosesi dihadiri segelintir orang

Pernikahan Din dengan Cucu Pendiri Pondok Gontor Berlangsung TertutupIlustrasi Pernikahan (IDN Times/Mardya Shakti)

Karena berlangsung tertutup, prosesi pernikahan Din Syamsuddin dengan Rashda Diana hanya dihadiri segelintir orang. Mereka merupakan keluarga dekat dari mempelai laki-laki dan perempuan. Meski demikian ijab Kabul berlangsung lancar dan khidmat.

“Yang menikah adalah keponakan saya (Rasdha Diana) yang sempat menjanda karena suami sebelumnya (Dr Dihyatun Masqon) meninggal dunia dua tahun lalu,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Rektor Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor ini.  

2. Pihak keluarga menilai karena mempelai memiliki kecocokan

Pernikahan Din dengan Cucu Pendiri Pondok Gontor Berlangsung TertutupMantan Ketum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Menurut dia, pernikahan antara Din Syamsuddin dengan Rashda Diana sudah direncanakan beberapa waktu terakhir. Kedua belah pihak beserta keluarga juga saling berembug untuk menentukan hari H pernikahan.

Namun, Hamid menyatakan lupa tentang waktu pertemuan yang akhirnya ditindaklanjuti dengan akad nikah tersebut. “Karena merasa sama-sama cocok. Keduanya juga merasa saling membutuhkan,” kata Hamid.

3. Pernikahan Din kali ketiga

Pernikahan Din dengan Cucu Pendiri Pondok Gontor Berlangsung TertutupDin Syamsuddin dan istrinya berfoto bersama keluarga. Ist

Kecocokan di antara keduanya, seperti dalam di bidang keilmuan Islam. Selama ini, Rashda Diana mengajar di UNIDA Gontor dan memperoleh gelar doktor politik Islam dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Adapun Din Syamsudin merupakan tokoh yang pernah menjabat sebagai Ketua Umum PP Muhammadiyah.  Sebelum menikah dengan Rashda, ia menjalankan biduk rumah tangga dengan Fira Beranata yang meninggal dunia pada tahun 2010. Lalu, pada tahun 2011, Din menikahi Novalinda Jonavrianti, sepupu almarhumah Fira. Namun, keduanya bercerai. 

Baca Juga: Din Syamsuddin Nikahi Cucu Pendiri Ponpes Gontor

Nofika Dian Nugroho Photo Verified Writer Nofika Dian Nugroho

Penulis lepas yang tinggal di Caruban, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya