Comscore Tracker

Jokowi-Ma'ruf Menang di Quick Count, Warga Semarang Cukur Gundul

Pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin cukur gundul di Panti Marhen

Semarang, IDN Times – Puluhan warga Semarang, Jawa Tengah, ramai-ramai mencukur habis rambut mereka alias cukur gundul di Panti Marhen di Jalan Brigjen Katamso No. 24, Semarang.

Aksi itu dilakukan sebagai wujud syukur dan kegembiraan atas hasil hitung cepat atau quick count yang memenangkan pasangan capres dan cawapres Joko "Jokowi" Widodo-Ma'ruf Amin.

Baca Juga: Quick Count 4 Lembaga Survei Sore Ini, Jokowi Unggul dari Prabowo

1. Jokowi-Ma'ruf menang telak di Jawa Tengah

Jokowi-Ma'ruf Menang di Quick Count, Warga Semarang Cukur GundulIDn Times/Ganug Nugroho

“Pendukung kami punya tradisi cukur gundul untuk merayakan kegembiraan. Mereka senang karena hasil quick count sementara memenangkan Jokowi-Ma'ruf Amin,” kata Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) PDIP Jawa Tengah Bambang Wuryanto, Rabu (17/4).

Dia menambahkan, menurut quick count, di Jawa Tengah pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin menang telak atas pasangan Prabowo-Sandiaga. Hasil itu melebihi  prediksi sebelumnya yang berkisar 73 persen-75 persen.

2. Luapan kegembiraan pendukung Jokowi

Jokowi-Ma'ruf Menang di Quick Count, Warga Semarang Cukur GundulFitang

“Hasil suara berdasarkan quick count ini memang di luar perkiraan kami. Kami bersukur hasilnya bagus. Quick count itu dilakukan oleh lembaga-lembaga survei yang terverifikasi oleh KPU,” ujar Bambang.

Seorang peserta aksi cukur gundul, Raharjo, mengaku rela mencukur habis rambutnya untuk meluapkan kegembiraan atas kemenangan pasangan Jokowi-Maruf Amin. Meskipun quick count, namun dia percaya hasil penghitungan KPU nantinya tidak akan berbeda jauh dengan hasil hitung cepat.

“Pak Jokowi sudah menang. Ibaratnya itu hanya tinggal menunggu pengesahan dari KPU, karena kami yakin hasil penghitungan dari KPU nanti tidak akan jauh berbeda,” ujarnya.

3. Hasil quick count lembaga survei: Jokowi-Ma'ruf unggul

Jokowi-Ma'ruf Menang di Quick Count, Warga Semarang Cukur GundulANTARA FOTO/Zabur Karuru

Berdasarkan hasil hitung cepat (quick count) lembaga survei Charta Politika, dengan data masuk sekitar 99,3 persen pada Kamis (18/4) pukul 14.00 WIB, pasangan Jokowi-Ma'ruf mendulang suara 54,34 persen, terpaut margin 8,68 persen dari suara yang diperoleh paslon nomor urut 02 Prabowo-Sandi, yang mengumpulkan 45,66 persen suara.

Hasil yang sama juga terlihat dalam quick count Poltracking Indonesia. Pasangan Jokowi-Ma'ruf unggul dengan memperoleh 54,95 persen suara. Sementara Prabowo-Sandi memperoleh 45,05 persen suara, berdasarkan data yang sudah masuk 99,80 persen hingga pukul 18.00 WIB.

Baca Juga: Bersyukur Jokowi Menang di Quick Count, Ismail Bagi-bagi 400 Kg Beras 

Topic:

  • Sunariyah

Just For You