3 Wujud Kepedulian Pemerintah Jawa Barat di Bidang Olahraga 

Calon atlet hingga mantan atlet mendapatkan atensi penuh

Olahraga adalah salah satu bidang yang patut mendapatkan atensi dari pemerintah. Pasalnya, dari sini bisa lahir atlet yang dapat mengharumkan negeri dengan prestasinya. Oleh karena itu, campur tangan pemerintah sangat dibutuhkan di sini.

Untuk mendukung para atlet dan mengapresiasi para mantan atlet, pemerintah Provinsi Jawa Barat pun selalu berusaha memberikan yang terbaik. Apa saja, sih, wujud kepedulian mereka?

Baca Juga: 4 Pembangunan Infrastruktur yang Dilakukan Gubernur Jawa Barat

1. Bupati Garut resmi buka rakor KONI

3 Wujud Kepedulian Pemerintah Jawa Barat di Bidang Olahraga KONI Jabar (jabarprov.go.id)

Rapat Koordinasi Perencanaan Olahraga Prestasi (Rakorpop) KONI Kabupaten Garut resmi dibuka oleh Bupati Garut, Rudy Gunawan. Agenda ini diselenggarakan di Gedung Pendopo, Kabupaten Garut pada Senin (29/5/2023).

Absudy Syakur Amin, Ketua KONI kabupaten Garut menyampaikan bahwa pihaknya bersama sembilan cabang olahraga di Kabupaten Garut telah menyusun rencana kegiatan dilengkapi dengan anggarannya. Ia juga mengatakan bahwa sudah terdapat cabor yang dikelola dengan sungguh-sungguh, bahkan menyabet berbagai prestasi.

Ia juga berharap bahwa dalam Rakorpop ini semakin transparan mengenai kegiatan apa yang bisa diselenggarakan para cabor, biaya yang digelontorkan, hingga sumber penggalian dana. Hal ini pun dinilai baik untuk mengedukasi para cabor dan sangat bagus untuk perencanaan pembangunan olahraga ke depan.

2. Sekda Setiawan mendukung pelaksanaan Special Olympics World Games (SOWG)

3 Wujud Kepedulian Pemerintah Jawa Barat di Bidang Olahraga Dukungan terhadap Special Olympics World Games (jabarprov.go.id)

Pada 2 Mei 2023 lalu, Setiawan Wangsaatmaja melepas atlet, official, dan pelatih Special Olympics Indonesia (SOIna) Provinsi Jabar. Agenda ini diselenggarakan di Aula Dinas Pemuda dan Olahraga Jabar, Kota Bandung. Hal ini merupakan wujud dukungan Pemda Provinsi Jabar dalam pelaksanaan Special Olympics World Games (SOWG).

Special Olympics adalah organisasi internasional yang telah diakui oleh International Olympic Committee sebagai satu-satunya Olimpiade Olahraga Khusus bagi para penyandang disabilitas intelektual di dunia. SOWG akan diadakan di Berlin, Jerman pada 17-25 Juni 2023.

Indonesia mengirimkan 42 atlet dan “coordinator”, dan lima orang di antaranya berasal dari Jawa Barat. Sekda Setiawan didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jabar memberikan uang saku sebanyak Rp5 juta pada atlet, official dan pelatih. Ia juga berharap masyarakat bisa lebih mengenal atlet Jabar melalui kompetisi SWOG ini.

3. Para mantan atlet dihimbau bisa menjadi brand ambassador

3 Wujud Kepedulian Pemerintah Jawa Barat di Bidang Olahraga Sekda Setiawan (jabarprov.go.id)

Bertempat di Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Barat, diadakan Silaturahmi Keluarga Besar Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jabar yang dirangkaikan dengan Peluncuran Brand Ambassador Mantan Atlet Nasional dan Internasional asal Jawa Barat. Acara yang diselenggarakan pada 2 Mei 2023 ini juga dihadiri oleh Setiawan Wangsaatmaja, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat.

Menurutnya, banyak mantan atlet yang kemudian menjadi ASN di Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jabar. Ia pun menghimbau bahwa para mantan atlet ini harus memiliki peran manajerial. Seperti contohnya menjadi “brand ambassador” salah satu dinas dalam mensosialisasikan programnya. Hal ini juga bakal membuat masyarakat lebih mengenal prestasi yang dimiliki para atlet tersebut.

Ia juga mengatakan bahwa para atlet harus dikelola dengan baik, dari segi kesehatan maupun sarana prasarananya. Apalagi dalam persiapan PON 2024 nanti. Pasalnya, bisa dipastikan para mantan atlet ini bakal menjadi sumber inspirasi bagi atlet lain dan juga generasi muda.

Gak salah memang kalau #JabarJuara. Semoga hal ini makin membuat lini olahraga Jabar makin terdepan, ya!

Baca Juga: 5 Gaya Kepemimpinan Ridwan Kamil yang Bikin Jabar Juara Lahir Batin

Olivia Erwima Photo Verified Writer Olivia Erwima

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya