Pertamina Jamin Distribusi BBM, LPG, dan Avtur Lancar Selama Nataru

Pertamina menjamin ketercukupan energi bagi masyarakat

Jakarta, IDN Times - Komisaris PT Pertamina Patra Niaga, Muhammad Yusni, bersama Direktur Pemasaran Pusat dan Niaga, Hasto Wibowo, mengunjungi Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Medan Group yang berada di Jalan KL Yos Sudarso Medan pada Kamis (24/12/2020). Kunjungan ini berkaitan dengan kesiapan Satgas Naru. 

“Pertamina menjamin ketercukupan energi bagi masyarakat dan kita jamin distribusi BBM, LPG, dan avtur dalam kondisi lancar,” ujar Direktur Pemasaran Pusat dan Niaga, Hasto Wibowo, yang juga didampingi GM Pertamina Regional Sumbagut, Herra Indra, dan Unit Manager Communication Relation & CSR Pertamina MOR I, Taufikurachman. 

1. Kesiapan Satgas Naru

Pertamina Jamin Distribusi BBM, LPG, dan Avtur Lancar Selama NataruDok. Pertamina

Hasto menjelaskan proyeksi Satgas Naru 2020 dibandingkan saat normal 2020. Gasoline (Premium, Pertalite, Pertamax, dan Pertamax Turbo) mengalami peningkatan 4,44 persen atau 89.201 Kilo Liter (KL) per hari, Gasoil (Dex, Dexlite dan Biosolar) mengalami peningkatan 0,36 persen atau 39.631 KL per hari. 

Untuk LPG diperkirakan naik sebesar 1,96 persen atau 26.164 Metrik Ton (MT) per hari. Begitu juga avtur yang diproyeksikan meningkat sebesar 2,86 persen atau 7.149 KL per hari. 

Beberapa kesiapan Satgas Naru berupa layanan BBM, layanan LPG, dan layanan avtur. Total layanan BBM berjumlah 7.469, layanan LPG baik SPPBE, agen PSO, agen NPSO, outlet PSO maupun outlet NPSO sebanyak 228.961, serta layanan avtur sejumlah 68 DPPU. 

Baca Juga: Pastikan Layanan Tol Trans Jawa Berjalan, Pertamina Tinjau Satgas Naru

2. Pertamina siap melayani masyarakat

Pertamina Jamin Distribusi BBM, LPG, dan Avtur Lancar Selama NataruDok. Pertamina

Layanan tambahan BBM antara lain mobil tangki sebanyak 160 unit, mobil dispenser 3 unit, Pertashop 32 unit, motor kemasan/PDS sejumlah 213 unit, dan layanan cashless payment di semua titik layanan SPBU. 

Khusus di Pertamina MOR I, SPBU Reguler Siaga yang merupakan SPBU di jalur tol, jalur wisata dan jalur strategis tujuan mudik sebanyak 29 SPBU, motor kemasan/ PDS sejumlah 27 dan mobil tangki sebanyak 14 unit.

“Pertamina siap melayani masyarakat, kita telah menyiapkan sarana dan fasilitas (sarfas) distribusi sebanyak 114 TBBM dan 23 TLPG. Selain itu, Satgas Naru juga bertugas menjamin ketersediaan pelumas di SPBU,” ujar Hasto. 

3. Pertamina menerapkan protokol kesehatan di SPBU

Pertamina Jamin Distribusi BBM, LPG, dan Avtur Lancar Selama NataruDok. Pertamina

Di sisi lain, Hasto menambahkan bahwa Pertamina ikut mendorong langkah strategis pemerintah dalam menanggulangi penyebaran COVID-19. Protokol antisipasi COVID-19 telah dijalankan dengan baik di seluruh SPBU. 

“Kita menerapkan protokol kesehatan, tentunya dengan melakukan penyemprotan disinfektan, menyediakan hand sanitizer, dan disiplin melakukan 3M, yakni menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan,” ucapnya. 

Terkait menjaga jarak saat pengisian BBM, kata Hasto, pelanggan kendaraan roda dua, sebaiknya turun dari motor dan berdiri di samping motor yang berseberangan dengan posisi operator. Untuk pelanggan roda empat disarankan untuk tetap berada di mobil. Namun, apabila diperlukan keluar dari mobil, diwajibkan berdiri di sisi mobil dan menjaga jarak dengan petugas SPBU. 

“Penerapan protokol kesehatan dengan benar menjadi kunci penting untuk mencegah penyebaran COVID-19. Semoga pandemik COVID-19 ini segera berlalu dan masyarakat tetap menjaga kesehatannya masing-masing,” kata Hasto. 

Guna mempermudah transaksi pembayaran, Pertamina merekomendasikan pembayaran secara cashless melalui aplikasi MyPertamina dan untuk transaksi pembayaran uang tunai dianjurkan menggunakan uang pas sesuai dengan nilai transaksi. (CSC)

Baca Juga: Pertamina Pastikan Ketersediaan dan Layanan Pelumas Tetap Optimal

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya