Pertamina Jamin Pasokan dan Penyaluran BBM Sampai ke Pelosok Negeri

Termasuk jenis premium dan pertalite

Jakarta, IDN Times - Vice President Corporate Communication Fajriyah Usman menjelaskan, Pertamina menjamin stok bahan bakar minyak (BBM)  dalam kondisi aman dan berkomitmen penuh memastikan penyaluran seluruh jenis BBM berjalan lancar, termasuk jenis premium dan pertalite hingga ke seluruh pelosok negeri. Menurutnya, saat ini ketahanan stok BBM nasional berada di kisaran level 26 hari. 

“Seluruh produk tersedia dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di seluruh wilayah Indonesia, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dan tetap membeli BBM sesuai dengan konsumsi harian,” jelasnya. 

1. Konsumsi BBM terus mengalami peningkatan

Pertamina Jamin Pasokan dan Penyaluran BBM Sampai ke Pelosok NegeriPengisian bahan bakar minyak jenis gasoline di SPBU COCO Lempuyangan, Yogyakarta. (IDN Times/Holy Kartika)

Fajriyah menambahkan, tercatat sejak pelonggaran PSBB pada awal Juni lalu, konsumsi BBM terus mengalami peningkatan. Padahal, saat masa PSBB, konsumsi BBM nasional turun sekitar 25 persen, bahkan penurunan di beberapa daerah mencapai 50 persen. Namun, kini konsumsi terus merangkak naik mendekati kondisi penyaluran normal. 

2. Peningkatan konsumsi BBM mencapai 122 ribu kilo liter per hari

Pertamina Jamin Pasokan dan Penyaluran BBM Sampai ke Pelosok NegeriIlustrasi pengisian BBM di SPBU Pertamina. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Fajriyah juga mengungkapkan, sejak memasuki era Adaptasi Kehidupan Normal (AKB), konsumsi BBM sektor retail terus mengalami peningkatan mencapai 122 ribu kilo liter per hari atau 7 persen di bawah rerata konsumsi normal sebelum pandemik. 

3. Pertamina masih menyalurkan dan menyediakan premium di Indonesia

Pertamina Jamin Pasokan dan Penyaluran BBM Sampai ke Pelosok Negerimerdeka.com

Disinggung tentang rencana penghapusan BBM jenis premium, Fajriyah menegaskan bahwa Pertamina tetap komitmen melaksanakan penugasan dari Pemerintah untuk menyalurkan premium berdasarkan Peraturan Presiden No 43 Tahun 2018. 

“Berdasarkan penugasan dari Pemerintah, saat ini Pertamina masih menyalurkan dan menyediakan premium di Indonesia dan menjangkau wilayah 3T dalam program BBM Satu Harga,” pungkas Fajriyah.

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya