Maksimalkan Pemadaman Balongan, Pertamina Berhasil Padamkan 2 Tangki

Pertamina terus kerahkan daya tangani kebakaran di Balongan

Jakarta, IDN Times - Setelah mengerahkan seluruh sumber daya dan mengoptimalkan penanganan insiden kebakaran empat tangki di area T-301 Kilang Balongan, PT Pertamina (Persero) berhasil memadamkan api di 1 tangki sekitar pukul 01.30 WIB dini hari tadi, disusul 1 tangki lagi sekitar pukul 06.44 WIB. Sementara itu, penanganan kebakaran 2 tangki lainnya terus dilakukan.

"Alhamdulillah dua titik api berhasil dipadamkan, yaitu api di tangki T-301 H dan T-301 E. Dua tangki lainnya, yaitu T-301F dan T-301G masih terus kita kerahkan," ungkap Senior Vice President Corporate Communication & Investor Relations Pertamina, Agus Suprijanto.

Baca Juga: 2 Titik Api di Tangki Kilang Balongan Pertamina Berhasil Dipadamkan 

1. Pendinginan di dua tangki yang sudah padam terus dilakukan

Maksimalkan Pemadaman Balongan, Pertamina Berhasil Padamkan 2 TangkiHelicopter view Kilang PT Pertamina yang ada di Balongan, Indramayu, Jawa Barat (Tangkapan layar Google Map)

Agus menambahkan, pengaturan orientasi peralatan penanganan kebakaran sudah dilakukan dan fire fighting bakal segera dimulai kembali setelah peralatan on position, dengan sasaran dua tangki yang masih terbakar, yaitu T-301F dan T-301G.

Untuk T-301H dan T-301E, meski api telah padam, pendinginan dengan fire truck terus dilakukan untuk memastikan agar tidak ada flash lagi.

2. Pertamina juga fokus memadamkan dua tangki lainnya

Maksimalkan Pemadaman Balongan, Pertamina Berhasil Padamkan 2 TangkiPemadaman di tangki Balongan juga dilakukan dengan menggunakan busa (foam) ke Perimeter Bundwall/Dok. Pertamina

Pada awal kejadian, Tim Emergency Pertamina melokalisasi titik api di dalam bundwall atau tanggul di sekeliling tangki T-301, di mana terdapat empat tangki penyimpanan BBM. Pemadaman juga dilakukan dengan menggunakan busa (foam) ke Perimeter Bundwall dan pusat nyala api serta mengerahkan 10 mobil pemadam kebakaran yang terdiri dari mobil damkar Pertamina Group dan pemda setempat.

"Pertamina tetap fokus memadamkan api di dua tangki lainnya dan terus mengerahkan segala daya dengan offensive fire handling," kata Agus. (WEB)

Baca Juga: 2 Titik Api di Tangki Kilang Balongan Pertamina Berhasil Dipadamkan 

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya