Tingkatkan Kemampuan UKM, Pertamina Kenalkan Program Pinky Movement 

Perluas akses masyarakat kepada LPG nonsubsidi

Jakarta, IDN Times - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) II Sumbagsel mengadakan sosialisasi pengenalan Pinky Movement yang berlangsung secara online melalui video conference untuk wilayah retail Provinsi Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Jambi, Lampung, dan Bengkulu. 

Pinky Movement merupakan program kolaborasi antara program kemitraan (PK) dan program LPG nonsubsidi (Bright Gas) yang bertujuan meningkatkan kemampuan usaha kecil dan menengah (UKM) yang bersentuhan langsung dengan rantai bisnis Pertamina, baik pangkalan LPG maupun UKM penyedia atau pengguna LPG 3 kg. Program tersebut merupakan bagian dari investasi sosial perusahaan, atau kini dikenal sebagai Creating Shared Value.

Selain itu, Pinky Movement bertujuan memperluas akses masyarakat kepada LPG nonsubsidi (Bright Gas) sehingga memudahkan konsumen yang berniat beralih dari pengguna LPG subsidi (LPG 3 kg) ke LPG nonsubsidi. 

1. Bright Gas merupakan salah satu produk unggulan Pertamina yang menawarkan keamanan ekstra

Tingkatkan Kemampuan UKM, Pertamina Kenalkan Program Pinky Movement beritadaerah.co.id

Si tabung pinky, Bright Gas, merupakan salah satu produk unggulan Pertamina yang menawarkan keamanan ekstra dan hadir dengan teknologi Double Spindle Valve System (DSVS), yakni teknologi katup ganda dua kunci. Ketika satu katup tidak berfungsi dengan baik, masih ada satu katup untuk memastikan keamanan pengguna Bright Gas di dapur. Tabung pink ini juga dilengkapi segel hologram untuk mengecek keaslian isi tabung.

Region Manager Communication, Relation & CSR Sumbagsel, Rifky Rakhman Yusuf menjelaskan upaya memperluas akses masyarakat kepada LPG nonsubsidi untuk mendukung program pemerintah dalam memastikan penggunaan LPG 3 kg tepat sasaran dan sesuai dengan peruntukannya, yaitu bagi rumah tangga miskin dan usaha mikro. Program ini juga mampu memudahkan UKM untuk mendapatkan modal usaha dan pembinaan serta meningkatkan daya jual LPG nonsubsidi.

“Dengan adanya program Pinky Movement, diharapkan dapat membantu UKM untuk mendapatkan pinjaman modal dengan jasa administrasi yang rendah sebesar 3 persen saldo menurun setiap tahun serta pembinaan agar usahanya bisa berkembang dan naik kelas dengan omzet meningkat hingga penyerapan tenaga kerja baru,” jelas Rifky.

Pertamina juga menawarkan pembiayaan pinjaman murah kepada UKM yang memiliki usaha penjualan LPG minimal enam bulan, atau memiliki usaha lain minimal enam bulan dan berniat mengembangkan usahanya di bidang penjualan LPG nonsubsidi.

2. Pinky Movement diharapkan jadi daya tarik untuk beralih menggunakan Bright Gas

Tingkatkan Kemampuan UKM, Pertamina Kenalkan Program Pinky Movement IDN Times/Daruwaskita

Sementara itu, kegiatan sosialisasi dilaksanakan dalam tiga sesi, yaitu dengan peserta sebanyak 11 agen LPG untuk wilayah Lampung, 4 agen LPG beserta jaringan pangkalan untuk wilayah Bengkulu, dan 10 agen LPG wilayah Jambi pada Rabu (6/5).

Selanjutnya, untuk 18 agen LPG wilayah Sumatra Selatan dan 7 agen LPG wilayah Kepulauan Bangka Belitung pada Kamis (14/5). Sosialisasi ini juga diikuti Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas).

Sosialisasi Pinky Movement diharapkan menjadi daya tarik bagi pangkalan LPG 3 kg serta UKM yang masih menggunakan LPG 3 kg untuk beralih menggunakan Bright Gas dan bergabung menjadi mitra binaan Pertamina. Dengan adanya dampak dari pandemik COVID-19, program ini mampu meringankan beban UKM agar usahanya terus berjalan. 

3. Saat ini banyak pangkalan LPG yang membutuhkan tambahan modal usaha

Tingkatkan Kemampuan UKM, Pertamina Kenalkan Program Pinky Movement IDN Times/Pertamina

Beberapa contoh UKM yang diharapkan beralih, misalnya, usaha restoran, usaha peternakan, industri, maupun usaha lainnya yang memiliki kekayaan bersih lebih dari Rp50 juta (tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha) dan omzet per tahun lebih dari Rp300 juta. 

Salah satu agen LPG wilayah Jambi, Pitono, mengapresiasi Pertamina dalam memberikan program Pinky Movement. 

"Program ini sangat menguntungkan bagi kami terutama pangkalan LPG di wilayah Jambi. Saat ini banyak pangkalan yang membutuhkan tambahan modal usaha, apalagi dengan jasa administrasi yang kecil maka akan sangat membantu usaha kami," ungkap Pitono.

Kesempatan memperoleh pinjaman modal usaha dengan menjadi mitra binaan Pertamina juga dibuka untuk usaha di sektor lain. Pendaftaran dapat dilakukan di kantor Pertamina MOR II Sumbagsel, Jalan Ahmad Yani No 1247, Kota Palembang, atau melalui pendaftaran online di website Pertamina https://www.pertamina.com/id/program-kemitraan.

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya