3 Langkah Konkret Pemerintah Jabar Cegah Polio, Targetkan Imunisasi  

Memberlakukan sistem sweeping hingga door to door

Imunisasi merupakan proses untuk meningkatkan kekebalan tubuh dengan cara memasukkan virus atau bakteri yang telah dilemahkan ke dalam tubuh. Oleh karena itu, penting memberikan imunisasi dasar lengkap kepada anak-anak. 

Salah satu yang masuk ke dalam daftar imunisasi dasar lengkap adalah polio. Imunisasi ini bertujuan mencegah penyakit polio yang bisa menyebabkan kelumpuhan. Nah, pemerintah Provinsi Jawa Barat juga telah melakukan langkah konkret untuk mencegah polio dengan menargetkan imunisasi kepada anak-anak. Seperti apa, sih? Yuk, baca artikel ini sampai selesai!

Baca Juga: Kunci Sukses Ridwan Kamil Majukan Ekonomi Jawa Barat

1. Semua rumah sakit di Bandung membuka pelayanan vaksin polio  

3 Langkah Konkret Pemerintah Jabar Cegah Polio, Targetkan Imunisasi  Ilustrasi vaksin (unsplash.com/Ed Us)

Pada bulan Maret-April lalu, putaran pertama sub-pekan imunisasi nasional (PIN) telah dilaksanakan di kota Bandung. Dari target 180.000, tercapai 73,4 persen. Meski demikian, capaian ini masih di bawah target yang ditetapkan pemerintah pusat, yakni 95 persen.

Berangkat dari hal ini, PIN putaran kedua dilaksanakan pada 22 Mei—2 Juni 2023. Untuk meningkatkan capaian vaksinasi, Pemkot Bandung pun membuat beberapa terobosan di sub-PIN kedua ini. Caranya adalah dengan menginstruksikan seluruh RS untuk membuka pos vaksin polio.

Strategi berikutnya adalah dengan meningkatkan “sweeping” ke puskesmas, kecamatan, kelurahan, hingga kader posyandu. Dari hasil “sweeping” ini ditemukan banyak balita yang tidak terdata di posyandu. Ema Sumarna, Plh Wali Kota Bandung, mengatakan bahwa Dinkes juga perlu mencari tahu lebih lanjut ke dokter anak maupun RS di Kota Bandung untuk mendata angka vaksinasi yang bisa saja terlewat.

2. Puskesmas Cabangbungin di Bekasi menargetkan 7.145 balita diimunisasi polio

3 Langkah Konkret Pemerintah Jabar Cegah Polio, Targetkan Imunisasi  Ilustrasi balita (Unsplash.com/Chi Lok TSANG)

Teguh Iman Santoso, Kepala Puskesmas Cabangbungin, Bekasi, menyebutkan bahwa sebanyak 7.145 balita menjadi target imunisasi polio, di 71 titik Posyandu di 8 desa. Sebelumnya, target imunisasi sebesar 100 persen telah tercapai, dan diharapkan di tahap kedua ini juga bisa konsisten dan mencapai target sama seperti sebelumnya.

Teguh menyebutkan bahwa per tanggal 24 Mei 2023, target imunisasi sudah menyentuh angka 57 persen dan akan tetap dilanjutkan dengan door to door supaya lebih maksimal. Strategi lainnya pun dilakukan, yakni dengan cara menggandeng lintas sektor, lintas program, hingga melakukan evaluasi secara berkala.

Nunung Masiah (32) warga Desa Jayalaksana mengatakan bahwa PIN Polio ini sangat membantu warga dan sangat bermanfaat untuk masyarakat. Dirinya pun berharap semoga seluruh balita di Kabupaten Bekasi tidak ada yang terjangkit polio.

3. PIN polio putaran kedua serentak digelar di Bogor

3 Langkah Konkret Pemerintah Jabar Cegah Polio, Targetkan Imunisasi  Ilustrasi anak-anak (Unsplash.com/Charlein Gracia)

Mike Kaltarina, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, menyampaikan bahwa PIN Polio putaran kedua serentak dilaksanakan di seluruh Kabupaten Bogor. Hal ini ia sampaikan secara online pada Rakor Pelaksanaan Sub-PIN Polio putaran kedua di Kabupaten Bogor pada 17 Mei 2023.

PIN Polio putaran kedua dilaksanakan dengan rincian 7 hari pelaksanaan dan 5 hari untuk sweeping supaya lebih optimal. Bahkan, pos imunisasi juga dibuka di tempat umum seperti mal, stasiun, pasar, tempat pengajian, TK, dan PAUD. Oleh karena itu, kegiatan ini bekerja sama dan merangkul banyak pihak seperti camat, kades/lurah, ketua RT/RW, kader, PKK, hingga dasawisma.

Mike juga mengapresiasi Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan juga Ketua PKK Kabupaten Bogor beserta seluruh pihak yang terlibat. Pasalnya, PIN Putaran I bisa sukses dilaksanakan di Kabupaten Bogor dengan tercapai 91,6 persen dari target. Dengan kata lain, sebanyak 496.948 yang sudah divaksin polio dari dari jumlah sasaran 542.530.

Ternyata pemerintah provinsi Jawa Barat sangat getol dalam menyukseskan kewajiban imunisasi polio, ya. Tak heran jika #JabarJuara, semoga daerah lain segera menyusul pencapaian Jabar.

Baca Juga: 4 Pembangunan Infrastruktur yang Dilakukan Gubernur Jawa Barat

Nara Yana Photo Verified Writer Nara Yana

Dog lover

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya