Arist Merdeka Sirait Wafat, Polri: Sering Bersama Ungkap Kasus Anak 

Meninggal karena sakit, Indonesia sangat kehilangan almarhum

Jakarta, IDN Times - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) turut berduka atas meninggalnya Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA), Arist Merdeka Sirait.

Arist Merdeka meninggal di Rumah Sakit Polri Kramatjati, Jakarta Timur pada Sabtu (26/8/2023).

"Polri turut berduka atas meninggalnya Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait," ujar Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Sandi Nugroho dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga: Polri Sebut Terduga Pelaku Pembunuhan WNI di Jepang Sudah Ditangkap

1. Kerap bekerja sama dengan Polri, Arist memiliki komitmen yang sama dalam perlindungan anak

Arist Merdeka Sirait Wafat, Polri: Sering Bersama Ungkap Kasus Anak Konferensi pers kasus dugaan pemerkosaan anak oleh anak di Hutan Kota, Jakarta Utara (IDN Times/Lia Hutasoit)

Sandi mengatakan, sosok Arist Merdeka Sirait selama ini dikenal sebagai pribadi yang peduli dengan perlindungan anak. Bahkan, beberapa kali Polri turut berkerja sama dengan Arist untuk mengungkap beberapa kasus anak.

"Selama ini Polri sering bekerja sama dengan Arist Merdeka Sirait guna mengungkap beberapa kasus dan memiliki komitmen yang sama dalam perlindungan terhadap anak," ucap Sandi.

Baca Juga: Profil Arist Merdeka Sirait, Aktivis yang Perjuangkan Anak Indonesia

2. Arist meninggal akibat sakit, rencana dimakamkan di pemakaman keluarga

Arist Merdeka Sirait Wafat, Polri: Sering Bersama Ungkap Kasus Anak (Ilustrasi rumah sakit) IDN Times/Sukma Shakti

Sandi menuturkan, Indonesia khususnya Polri sangat kehilangan kehilangan atas meninggalnya Arist Merdeka Sirait. Semoga Beliau mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya.

Arist Merdeka Sirait meninggal akibat sakit. Rencananya almarhum akan dimakamkan di pemakaman keluarga, tepatnya di Toba, Sumatera Utara.

Baca Juga: Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait Meninggal Dunia

3. Semasa hidup Arist aktif di bidang pendampingan anak

Arist Merdeka Sirait Wafat, Polri: Sering Bersama Ungkap Kasus Anak Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait saat memberikan keterangan usai penundaan sidang tuntutan Julianto Eka Putra. IDN Times/Alfi Ramadana

Semasa hidup Arist aktif di organisasi-organisasi buruh dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Setelah melihat peristiwa anak-anak yang harus bekerja dan mendapatkan perlakuan tak layak, dia tergerak menekuni karier di bidang pendampingan anak.

Kemudian pada 1988, Arist bersama Kak Seto dan rekan aktivis yang memiliki perhatian terhadap anak mendirikan Komas PA. Pada 2010, Arist mulai menjabat sebagai Ketua Komnas PA menggantikan Seto Mulyadi.

Baca Juga: Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait Meninggal Dunia karena Sakit

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya