Kemenag Gelar Sayembara Desain Batik Haji Indonesia, Hadiah Rp78 Juta

Pendaftaran dibuka 26 Agustus sampai 5 September 2023

Jakarta, IDN Times - Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) menggelar Sayembara Desain Batik Haji Indonesia. Kemenag mengundang para desainer, perancang busana, dan pihak-pihak yang berminat untuk ikut dalam sayembara ini.

"Motif seragam yang dikenakan jemaah Indonesia pada operasional haji 1444 H/2023 M, sudah digunakan sejak 2011. Kami memandang perlunya penyegaran dengan motif baru yang lebih inovatif dan mencerminkan kultur, budaya, serta identitas Indonesia," ujar Dirjen PHU, Hilman Latief, di Jakarta, dikutip Sabtu (26/8/2023).

“Sayembara dimaksudkan untuk mengajak keterlibatan publik dalam membuat desain batik jemaah haji Indonesia,” sambungnya. 

Baca Juga: Kemenag: 26 Jemaah Wafat usai Operasional Ibadah Haji 2023

1. Pendaftaran dibuka secara online, mulai 26 Agustus sampai 5 September

Kemenag Gelar Sayembara Desain Batik Haji Indonesia, Hadiah Rp78 JutaKementerian Agama RI

Proses pendaftaran Sayembara Desain Batik Haji Indonesia akan dibuka secara online melalui aplikasi Pusaka Kemenag yang bisa diunduh melalui Playstore, Appstore, dan tautan pusaka.kemenag.go.id. Pendaftaran dibuka mulai 26 Agustus-5 September 2023, pukul 16.00 WIB.

Hilman menjelaskan, untuk panitia akan melibatkan lima dewan juri yang diketuai oleh Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama, Eny Purwaningtyas. Lalu empat juri lainnya yakni Ketua Asosiasi Perajin dan Pengusaha Batik Indonesia Komaruddin Kudiya, Desainer Irna Mutiara, Desainer Monika Jufry, Desainer dan Akademisi Yufie Safitri Sobari.

“Pemenang sayembara akan diumumkan pada 2 Oktober 2023, bertepatan dengan Hari Batik Nasional. Seragam batik yang baru ini diharapkan sudah bisa digunakan pada musim haji 1445 H/2024 M,” ucap Hilman.  

2. Peserta harus upload konsep desain batik untuk seleksi administrasi

Kemenag Gelar Sayembara Desain Batik Haji Indonesia, Hadiah Rp78 JutaKementerian Agama RI

Direktur Layanan Haji Dalam Negeri, Saiful Mujab, menjelaskan bahwa peserta harus mengupload seluruh dokumen yang dibutuhkan saat melakukan pendaftaran, dokumen berbentuk pdf atau jpg.

“Salah satu dokumen yang harus diupload adalah konsep desain batik,” kata Saiful Mujab.

“Panitia akan melakukan seleksi administrasi atas dokumen yang telah diisi dalam proses pendaftaran. Hanya peserta yang lolos seleksi administrasi yang akan masuk tahap penjurian,” lanjutnya.

3. Sepuluh desain terbaik akan masuk finalis dan wujudkan konsep desain seragam haji Indonesia

Kemenag Gelar Sayembara Desain Batik Haji Indonesia, Hadiah Rp78 JutaKedatangan Jemaah Haji 2023 Kloter Kedua, Embarkasi Solo pada Rabu (24/5/2023). (IDN Times/Sunariyah)

Saiful menambahkan, penjurian akan dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama, dilakukan untuk menilai konsep desain batik yang ditawarkan. Dewan juri akan memilih 10 desain terbaik untuk masuk finalis.

"Sepuluh finalis harus mewujudkan konsep desain seragam haji Indonesia dalam bentuk busana laki-laki yakni kemeja, jaket atau blazer. Untuk wanita bisa tunik atau outer wear menggunakan kain batik cap dengan bahan katun terbaik," ujar Saiful.

“Penjurian tahap kedua akan menentukan satu pemenang utama dan sembilan finalis,” tutupnya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya