Fakta Unik Kereta Kencana Kaesang dan Erina di Arak-Arakan Pernikahan 

Total ada 28 ekor kuda dalam arak-arakan kereta kencana

Jakarta, IDN Times – Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono berlangsung meriah. Putra Presiden Jokowi tersebut mengikat janji setia dengan Erina pada Sabtu, 10 Desember 2022. Setelah itu kemeriahan berlanjut hingga hari ini.

Pagi Minggu pagi kedua mempelai mengikuti prosesi arak-arakan kirab yang melibatkan 12 kereta kencana, salah satunya dinaiki Kaesang dan Erina. Arak-arakan bergerak dari rumah Wali Kota Solo di Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran, tempat resepsi dan tasyakuran dilakukan.

1. Kaesang dan Erina akan memimpin arak-arakan kirab

Fakta Unik Kereta Kencana Kaesang dan Erina di Arak-Arakan Pernikahan Kereta kencana untuk kirab Kaesang dan Erina. (IDN Times/Larasati Rey)

Selama arak-arakan tersebut, Kaesang dan Erina akan menaiki kereta kencana berwarna hijau tua berkapasitas 4 orang. Kereta kencana tersebut milik Presiden Jokowi.

Kedua mempelai akan memimpin rombongan arak-arakan kereta kencana yang akan diikuti oleh Presiden Jokowi, Ibu negara Iriana Jokowi, Gibran Rakabuming dan anggota keluarga Kaesang dan Erina.

Baca Juga: 12 Momen Ponakan Kaesang Curi Perhatian, Pake Singlet Sambil Bawa Dot

2. Sebanyak 12 kereta kencana dikerahkan

Fakta Unik Kereta Kencana Kaesang dan Erina di Arak-Arakan Pernikahan Presiden Jokowi naik kereta kencana sambil melambaikan tangannya. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Sebanyak 12 kereta kencana dikerahkan untuk meraimkan kirab pernikahan Kaeang dan Erina. Dua kereta kencana di antaranya milik Presiden Jokowi. Kereta ini yang akan dinaiki kedua mempelai pengantin dan Presiden.

Tiga kereta kencana lainnya antara lain milik Pemkot Solo. Kehadiran ke-12 kereta kencana ini menjadikan acara kirab menjadi semarak sekaligus unik.

3. Ditarik 6 kuda betina blasteran lokal dan Australia

Fakta Unik Kereta Kencana Kaesang dan Erina di Arak-Arakan Pernikahan Kuda kereta kencana Kaesang dan Erina. (IDN Times/Larasati Rey)

Kereta kencana yang dinaiki oleh Kaesang dan Erina menjadi satu-satunya kereta yang ditarik 6 ekor kuda. Keselurahan kuda tersebut merupakan kuda betina blasteran lokal dan Australia. Tinggi kuda-kuda tersebut rata-rata mencapai 150 cm dan berusia 5 hingga 6 tahun.

Sementara untuk kereta kencana lainnya, termasuk yang dinaiki oleh Presiden Jokowi hanya ditarik oleh 2 ekor kuda. Total dibutuhkan 28 ekor kuda untuk menarik semua rombongan arak-arakan kirab yang didatangkan dari Sukoharjo, Boyolali dan Solo.

Baca Juga: 9 Potret Gibran Sibuk Mondar-Mandir dari Persiapan Sampe Akad Kaesang

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya