Comscore Tracker

Banjir Ucapan Selamat HUT ke-76 RI dari Dubes Negara Sahabat

Ada Dubes Inggris hingga Amerika Serikat

Jakarta, IDN Times – Indonesia memperingati hari kemerdekaan yang ke-76 tahun pada hari ini, Selasa (17/8/2021). Dalam momentum ini, berbagai perwakilan negara asing di Indonesia menyampaikan ucapan selamatnya.

Salah satunya, Duta Besar Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins. Melalui akun Instagram kedutaan, Owen mengucapkan selamat kepada masyarakat Indonesia yang memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-76 RI.

“Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-76. Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh!” kata Owen dalam video singkat yang diunggah di akun Instagram @ukinindonesia.

Ia menambahkan tahun ini adalah tahun kedua Indonesia merayakan peringatan kemerdekaan di tengah pandemik COVID-19. Meski demikian, menurutnya perjuangan untuk melawan COVID-19 belum usai.

Owen mengaku bangga melihat tekad dan semangat juang rakyat Indonesia untuk bangkit kembali.

“Semoga momentum hari kemerdekaan ini menjadi fondasi kuat untuk Indonesia melangkah menuju masa depan yang lebih baik, masyarakat yang lebih sehat, makmur dan sejahtera,” ujarnya.

Selain Dubes Owen, berikut beberapa Dubes lain yang juga menyampaikan ucapan selamat untuk Indonesia.

Baca Juga: Pandemik COVID-19, Upacara Kemerdekaan Digelar di Jalanan Madiun

1. Dubes Jepang

Banjir Ucapan Selamat HUT ke-76 RI dari Dubes Negara SahabatKanasugi Kenji (Instagram.com/jpnambsindonesia)

Dubes Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji juga menyampaikan ucapan selamat HUT ke-76 RI melalui akun Instagram kedutaan.

“Saya mengucapkan selamat atas peringatan 76 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia,” ujar Dubes Kanasugi dalam video singkat.

Kanasugi mengatakan Jepang dan Indonesia akan terus bergandengan tangan bersama pada masa kesulitan.

“Mari kita maju bersama sebagai sahabat sejati,” ujarnya.

2. Dubes Perancis

Banjir Ucapan Selamat HUT ke-76 RI dari Dubes Negara SahabatDubes Prancis untuk Indonesia, Olivier Chambard (IDN Times/Santi Dewi)

Duta Besar Perancis untuk Indonesia Olivier Chambard menyampaikan ucapan selamat HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia melalui akun Twitternya.

“Di hari yang istimewa ini, saya Olivier Chambard, Duta Besar Prancis untuk Indonesia, mengucapkan selamat hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76 kepada seluruh rakyat Indonesia,” kata Chambard dalam sebuah video.

Ia juga menyampaikan harapannya bagi kedua negara terkait situasi dan kondisi sulit akibat pandemik COVID-19.

“Dalam kondisi sulit yang dikarenakan wabah corona, semoga kita segera pulih dan bangkit kembali,” kata dia.

Selain itu, Chambard juga berharap hubungan erat antara Indonesia dan Prancis dapat terus terjaga dan berkembang. “Dan semoga persahabatan dan kerja sama antara Prancis dan Indonesia yang erat dan terus berkembang,” katanya.

3. Wakil Dubes Australia

Banjir Ucapan Selamat HUT ke-76 RI dari Dubes Negara SahabatWakil Duta Besar Australia untuk Indonesia Steve Scott (Instagram)

Australia juga tidak ketinggalan menyampaikan ucapan selamat untuk Indonesia. Melalui akun Instagram kedutaan, Wakil Duta Besar Australia untuk Indonesia Steve Scott menyampaikan ucapan selamat HUT ke-76 RI.

Steve mengatakan Australia adalah salah satu pendukung kemerdekaan Indonesia yang paling awal dan terkuat. Di tengah kondisi COVID-19 saat ini, ia berharap hubungan kedua negara semakin erat.

“Dari Australia untuk masyarakat Indonesia, kami ucapkan selamat merayakan Hari Kemerdekaan yang ke-76,” ujarnya.

4. Dubes Rusia

Banjir Ucapan Selamat HUT ke-76 RI dari Dubes Negara SahabatTwitter @RBTHIndonesia

Duta Besar Federasi Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva juga turut mengucapkan selamat hari kemerdekaan untuk Republik Indonesia melalui akun Instagram kedutaan Rusia. Vorobieva mengatakan Rusia melihat Indonesia sebagai rekan dan teman yang baik.

“Dari dasar hati saya ingin menyampaikan harapan terbaik kami dan berharap kalian semua dalam keadaan baik di masa sulit ini dan semua kesulitan ini dapat dilalui menjadi kesuksesan,” ujar Vorobieva.

“Saya juga berharap rakyat Indonesia diberi kesehatan, kemakmuran dan perdamaian. Terima kasih,” tambahnya.

Baca Juga: 10 Meme Serba-serbi Kemerdekaan Indonesia Ini Kocak dan Informatif!

5. Dubes AS

Banjir Ucapan Selamat HUT ke-76 RI dari Dubes Negara SahabatDuta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Sung Y. Kim (Screensot Instagram @usembassyjkt)

Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Sung Y Kim juga menyampaikan ucapan untuk Indonesia melalui akun Instagram Kedutaan AS.

“Atas nama pemerintah AS, Kedutaan Besar kami di Jakarta, Konsulat kami di Surabaya dan Medan, dan Agen Konsular kami di Bali, saya mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-76 Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus," ujar Kim.

Ia menambahkan hubungan strategis AS-Indonesia saat ini menjadi lebih penting, seperti yang disampaikan Presiden Joe Biden dalam pidatonya untuk Presiden Joko “Jokowi” Widodo.

“Kami tetap berkomitmen untuk mempererat kemitraan strategis dan persahabatan antara dua negara melalui landasan demokrasi bersama yang memampukan kita berdiri bersama untuk kemakmuran wilayah dan global,” ujarnya.

“Dan di masa pandemi COVID-19 yang menantang ini, kami akan terus bersama dengan teman Indonesia kami untuk selamatkan kehidupan dan bekerjasama untuk wujudkan pembukaan ekonomi Indonesia yang aman. Merdeka!” tegas Kim.

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya