Menlu Retno Bahas Pentingnya Kesetaraan Akses Vaksin COVID-19

Jokowi akan berpidato pada Kamis pagi waktu Jakarta

Jakarta, IDN Times – Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menekankan pentingnya kesetaraan akses ke vaksin COVID-19 pada pembukaan acara High Level Week Sidang Majelis Umum (SMU) PBB ke-76 di New York, Amerika Serikat (AS), Selasa (21/9/2021).

Retno juga mengatakan pada awal pidatonya di acara tersebut, Sekjen PBB juga mengangkat isu ketimpangan akses terhadap vaksin yang masih sangat lebar.

“Hal ini tentunya akan berdampak pada sulitnya dunia dapat pulih keluar dari pandemi,” kata Retno dalam press briefing virtual dari New York.

Baca Juga: 15 Pesan Inspiratif BTS di UNGA PBB 2021 untuk Generasi Muda

1. Kolaborasi penting untuk penuhi harapan masyarakat internasional

Menlu Retno Bahas Pentingnya Kesetaraan Akses Vaksin COVID-19(Menteri Luar Negeri Retno Marsudi duduk di samping Sekjen PBB Antonio Guterres ketika membuka sidang DK PBB) Kementerian Luar Negeri

Retno mengatakan bahwa secara khusus Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB menggarisbawahi pentingnya dunia berkolaborasi untuk memenuhi harapan masyarakat internasional.

Ia juga menyebut mekanisme multilateral harus dapat menjembatani adanya enam kesenjangan yang terjadi di dunia saat ini, yaitu Kesenjangan Perdamaian, Kesenjangan iklim, Kesenjangan Kaya dan Miskin, Kesenjangan Gender, Kesenjangan Digital, dan Kesenjangan Generasi.

“Sementara itu, Presiden SMU PBB menyampaikan beberapa prioritas yang akan diusung selama kepemimpinannya, yaitu pandemi COVID-19 terutama isu mengenai gap vaksin, climate change, gender, youth, dan reformasi PBB,” ujarnya, merujuk pada Menteri Luar Negeri Maladewa Abdulla Shahid yang menjadi Presiden SMU PBB Ke-76.

Baca Juga: Cara Cek Data Vaksinasi COVID-19, Ada Lokasi Vaksinasi Terdekat    

2. Jokowi akan berpidato di SMU PBB Ke-76

Menlu Retno Bahas Pentingnya Kesetaraan Akses Vaksin COVID-19Presiden Jokowi bersama dengan Istrinya Ibu Iriana (Dok. IDN Times/Biro Pers Kepresidenan)

Dalam pemaparannya, Retno mengatakan bahwa High Level Week SMU PBB ke-76 tahun ini dilakukan secara hybrid. Sebelumnya pada tahun lalu acara ini dilakukan virtual penuh karena pandemik. Retno mengatakan bahwa tema SMU PBB tahun ini adalah “Building resilience through hope - to recover from COVID19, rebuild sustainably, respond to the needs of the planet, respect the rights of the people, and revitalize the United Nations”.

“Tema ini tentunya menggambarkan tantangan yang masih dihadapi dunia saat ini, dari COVID-19 hingga perubahan iklim, dari kemiskinan yang semakin dalam akibat pandemi hingga masih terjadinya konflik di berbagai belahan dunia,” ujarnya.

Menurut Retno, sebanyak 195 negara dijadwalkan berpartisipasi dalam High Level Week SMU PBB Ke-76, di mana 107 di antaranya berpartisipasi pada tingkat Kepala negara, baik yang hadir maupun yang menyampaikan statement secara virtual.

Retno juga mengatakan bahwa Presiden RI Joko “Jokowi” Widodo akan menyampaikan pidato di SMU 76 PBB pada Rabu sore waktu New York atau Kamis pagi waktu Jakarta.

“Secara virtual dan saya yang akan menghantarkan pidato Presiden. Dari ASEAN, hampir semua pemimpin menyampaikan statement secara virtual, kecuali Presiden Vietnam,” katanya.

Baca Juga: Presiden Korsel Sampaikan Pidato di Sidang Majelis Umum PBB

3. Retno hadiri 28 pertemuan

Menlu Retno Bahas Pentingnya Kesetaraan Akses Vaksin COVID-19Sekjen PBB, Antonio Guterres, saat sedang menghadiri perayaan ulang tahun PBB ke-75 pada tanggal 23 Oktober 2020 lalu. (Twitter.com/antonioguterres)

Retno lebih lanjut mengatakan bahwa selama berlangsungnya SMU PBB, sejauh ini sudah terjadwal sekitar 28 pertemuan yang akan ia jalani. Ia menyebut banyak dari pertemuan yang akan ia hadiri masih belum memiliki jadwal karena sejumlah kendala, seperti sulitnya mencocokkan waktu yang pas untuk melakukan pertemuan.

“Karena masing-masing Menlu sibuk dengan jawal masing-masing,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa dari 28 atau selama berlangsungnya SMU PBB dalam semua pertemuan, secara garis besar beberapa isu yang sudah dan akan dibawa oleh Indonesia antara lain yakni kerja sama mengatasi pandemi, termasuk bagaimana Indonesia bekerja sama mempersempit gap vaksin antara negara maju dan berkembang.

“Selain isu ini memang sudah menjadi prinsip Indonesia untuk terus diperjuangkan dari sejak awal pandemi, saya juga terus mendorong dan menyampaikan isu ini karena memiliki tanggung jawab tambahan, yaitu sebagai salah satu Co-Chairs COVAX Advance Market Commitment (AMC) Engagement Group,” katanya.

“Jadi saya akan terus menyuarakan isu kesetaraan vaksin bagi semua negara,” tambah Retno.

Ia juga mengatakan akan mengusung isu lain seperti kerja sama untuk pemulihan ekonomi. “Dan ketiga, pada saat para Menteri Luar Negeri bertemu mereka akan bicara merespon beberapa isu yang menjadi perhatian dunia saat ini, antara lain Myanmar dan Afghanistan,” jelasnya.

Baca Juga: Presiden Korsel Sampaikan Pidato di Sidang Majelis Umum PBB

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya