Peringati Hari Pramuka, Jokowi Ajak Anak Muda Vaksinasi COVID-19

Jokowi ajak pramuka Indonesia bantu gerakan prokes

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko “Jokowi” Widodo berharap pramuka Indonesia bisa menjadi contoh bagi dunia dalam menghadapi berbagai tantangan yang sedang terjadi.

Dalam pidato pada acara Peringatan Hari Pramuka ke-60 Tahun 2021 dari Istana Kepresidenan Bogor, Sabtu (14/8/2021), Jokowi mengingatkan, semua anggota pramuka harus menegakkan kepedulian terhadap sesama di tengah pandemik COVID-19 saat ini.

“Pramuka Indonesia harus menjadi contoh, menjadi teladan tangguh menghadapi setiap tantangan, menggalang kepedulian kepada sesama, bersedia berkorban, suka menolong, membantu meringankan beban keluarga, saudara dan tetangga tetangga kita,” kata Jokowi, seperti dalam siaran langsung di kanal YouTube Sekretariat Sekretariat Presiden.

Baca Juga: Ini 5 Fakta Unik Pramuka Indonesia dan Dunia, Selamat Hari Pramuka! 

1. Pramuka Indonesia harus taat protokol kesehatan dan mengajak anak muda vaksinasi

Peringati Hari Pramuka, Jokowi Ajak Anak Muda Vaksinasi COVID-19ditpsmp.kemdikbud.go.id

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga mengatakan, Pramuka Indonesia harus menjadi pelopor kedisiplinan, terutama dalam menjalankan protokol kesehatan.

“Disiplin memakai masker, disiplin menjaga jarak, disiplin mencuci tangan di setiap saat dan disiplin untuk menghindari kerumunan,” katanya.

Jokowi juga mengimbau agar semua anggota pramuka mengajak orang-orang terdekat mereka, utamanya yang berusia 12 tahun ke atas, untuk segera vaksinasi COVID-19.

“Kalau ada teman yang tidak mematuhi prokes, diingatkan, beri penjelasan, beri pengertian. Kalau ada teman yang sudah berusia di atas 12 tahun, yang belum divaksin, ajak untuk segera divaksin karena kunci utama untuk keluar dari pandemik adalah kedisiplinan mematuhi prokes dan percepatan vaksinasi untuk mencapai kekebalan komunal,” kata dia.

2. Jokowi berterima kasih kepada Pramuka yang sudah membantu menanggulangi COVID-19

Peringati Hari Pramuka, Jokowi Ajak Anak Muda Vaksinasi COVID-19Hari Pramuka (ANTARA FOTO/Makna Zaezar)

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada seluruh anggota pramuka di Tanah Air, karena telah bahu-membahu dengan seluruh elemen bangsa membantu penanganan pandemik di lingkungannya masing-masing.

“Inilah jiwa Pramuka sejati yang tertuang dalam Dwi Darma Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka. Terpanggil, rela berkorban untuk membantu sesama tanpa melihat perbedaan suku, agama dan golongan,” ujarnya.

Jokowi juga mengatakan ini merupakan kali kedua Indonesia memperingati hari pramuka dalam suasana pandemik, dan melaksanakannya secara virtual.

“Biasanya Hari Pramuka dirayakan dengan upacara di lapangan, diikuti peserta lengkap dari saka dan anggota pramuka yang berbaris rapi. Tahun ini kita lakukan secara virtual mengikuti upacara dari tempat masing-masing, dengan jumlah peserta dibatasi disiplin menjaga kesehatan agar kita semua terlindungi dari penyebaran COVID-19,” ujarnya.

Baca Juga: Pertama di Asia, Pramuka Jatim Akan Gelar Perkemahan Saat Pandemik

3. Pesan untuk Pramuka Indonesia

Peringati Hari Pramuka, Jokowi Ajak Anak Muda Vaksinasi COVID-19Presiden Jokowi dalam Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-59 Tahun 2020, Istana Negara, Rabu (12/8/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menyampaikan pesan pada anggota pramuka Indonesia untuk giat belajar di mana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja. Ia juga meminta mereka untuk selalu adaptif mengejar kemajuan teknologi, mengikuti perkembangan zaman dengan cepat, fleksibel, dan harus cerdik.

Selain itu, presiden juga mengingatkan untuk tidak pernah lupa dengan identitas bangsa, membangun karakter kebangsaan yang kokoh, mengamalkan nilai-nilai Pancasila yang sejati, menjaga NKRI dan juga merawat kebinekaan.

“Kuasi ilmu pengetahuan dan teknologi setinggi-tingginya. Pramuka Indonesia harus selalu optimis melihat masa depan,” kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi menambahkan, Pramuka Indonesia juga harus bisa selalu berada di barisan terdepan.

“Pramuka Indonesia harus berada di barisan terdepan melindungi diri, melindungi teman-teman, melindungi keluarga yang kita sayangi,” kata Jokowi.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya