10 RT di Pondok Pinang Banjir Hingga 1 Meter Lebih 

Ada 20 RT di Jakarta sore tadi masih banjir

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 20 RT di Jakarta masih tergenang banjir pada Sabtu (16/7/2022) sore. Berdasarkan data yang dirilis BPBD DKI Jakarta, wilayah yang paling tinggi ada di kawasan Pondok Pinang, Jakarta Selatan.

Data menunjukkan, ada 10 RT yang masih terendam banjir hingga sore tadi dengan ketinggian antara 60 cm sampai 130 cm. Di mana, ada empat warga yang mengungsi akibat banjir di wilayah tersebut. Menurut BPBD Jakarta, penyebab banjir di kawasan tersebut karena luapan kali pesanggrahan dan tingginya curah hujan.

"Ada 10 RT dengan ketinggian 60 sampai 130 cm. Pengungsi 4 orang yang kini mengungsi di Majelis Taklim Al Khoiriyah," sebut BPBD DKI Jakarta dalam keterangannya.

Baca Juga: Ada 19 Titik Banjir di Kota Tangerang, Ini Lokasinya

1. Ada 20 RT di Jakarta masih tergenang banjir

10 RT di Pondok Pinang Banjir Hingga 1 Meter Lebih Ilustrasi banjir (IDN Times/Mardya Shakti)

BPBD juga memastikan, hingga sore tadi, jumlah genangan kian menurun dari sebelumnya tercatat mencapay 83 RT saat ini menjadi 20 RT atau 0,020 persen dari 30.470 RT yang ada di DKI Jakarta.

Selain Pondok Pinang, ada dua RT di Kebayoran Lama Utara yang juga mengalami rendaman cukup tinggi, yakni sekira 50 cm. Penyebabnya sama, karena luapan Kali Pesanggrahan dan tingginya curah hujan di wilayah tersebut.

Di Pesanggrahan, ada 3 RT yang masih terendam banjir dengan ketinggian sekira 40 cm. Adapun penyebabnya yakni curah hujan tinggi.

Baca Juga: Ada 22 Titik Banjir di Serang, Wali Kota: Pertama Kali Banjir 5 Meter 

2. Ada 4 RT di Jakbar yang masih tergenang banjir

10 RT di Pondok Pinang Banjir Hingga 1 Meter Lebih Genangan banjir di kawasan Pasar Induk Rau, Serang, Banten, Selasa (14/9/2021). (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Untuk wilayah lain, tercatat juga terpantau di Jakarta Barat. Pertama di Kelurahan Rawa Buaya dengan ketinggian 40 cm. Penyebabnya luapan Kali Mokevart dan tingginya curah hujan.

Lalu di Kembangan Utara ada 1 RT yang masih terendam banjir dengan ketinggian 1 meter. Penyebabnya luapan Kali Angke dan tingginya curah hujan.

Kemudian, ada 2 RT di Kelurahan Kembangan Selatan dengan ketinggian genangan 70 cm yang disebabkan luapan Kali Angke dan tingginya curah hujan.

3. Genangan ditargetkan surut dalam waktu cepat

10 RT di Pondok Pinang Banjir Hingga 1 Meter Lebih Ilustrasi evakuasi korban banjir (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Untuk wilayah Bintaro, ada 1 RT yang sore tadi dilaporkan masih tergenang dengan ketinggian 120 cm. Penyebabnya luapan Kali Pesanggrahan dan tingginya curah hujan.

"Kondisi genangan sedang ditangani oleh BPBD, DSDA, Damkar, dan PPSU Kelurahan. Genangan ditargetkan akan surut dalam waktu cepat," kata BPBD DKI Jakarta.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya