Budayawan Apresiasi Upaya Jokowi Banyak Beri Ruang Kesenian Daerah 

Berharap gagasan tersebut terus dilanjutkan

Jakarta, IDN Times - Budayawan Sumatera Utara (Sumut) Mukhlis Win Ariyoga mendukung upaya Presiden Joko Widodo dalam meningkatkan kesenian daerah. Sejauh ini, kata dia, Pemerintahan Jokowi dinilai sudah berpihak pada keberadaan budaya-budaya nusantara.

Konkretnya, menurut Mukhlis, Jokowi telah banyak memberi ruang-ruang bagi kebudayaan nusantara untuk tampil di muka publik, bahkan internasional.

1. Berharap gagasan berkait kesenian daerah terus dilanjutkan

Budayawan Apresiasi Upaya Jokowi Banyak Beri Ruang Kesenian Daerah IDN Times

Mukhlis lalu berharap agar gagasan Jokowi tersebut akan terus dilanjutkan.

“Selanjutnya kita berharap bahwa Pak Jokowi akan meningkatkan lagi kesenian dari penjuru daerah manapun,” ujar Mukhlis di Universitas Sumatera Utara (USU), dalam keterangan resminya, Minggu (1/1/2023).

Mukhlis juga mengapresiasi gaya berbusana Jokowi yang kerap mengenakan pakaian-pakaian adat pada kegiatan kenegaraan. Apa yang dilakukan Jokowi tersebut dinilai Mukhlis bernuansa positif bagi kesenian daerah.

Baca Juga: Jokowi Percaya Diri Cabut PPKM Meski Kasus COVID di Negara Lain Naik

2. Inginkan generasi muda melek kebudayaan nusantara

Budayawan Apresiasi Upaya Jokowi Banyak Beri Ruang Kesenian Daerah Ilustrasi kesenian di Bali (IDN Times/Irma Yudistirani)

Mukhlis menuturkan, pakaian adat yang digunakan Jokowi akan dilihat oleh masyarakat banyak sehingga kebudayaan nusantara bisa lebih dikenal.

Apalagi di era kemajuan teknologi seperti sekarang ini, kebudayaan nusantara harus terus diperkenalkan khususnya kepada para generasi muda agar terus lestari.

“Saya pikir strategi yang diterapkan oleh Pak Jokowi mujarab. Karena dengan cara mengenakan pakaian adat pada setiap event-event penting,” kata Mukhlis.

“Ini cara kita mempenetrasi struktur kebudayaan kita, kekayaan-kekayaan kebudayaan kita ke masyarakat, generasi termuda saat ini,” tambahnya.

Baca Juga: Budayawan Soroti Strategi Jokowi Sering Pakai Baju Adat Nusantara 

3. Mengangkat kebudayaan daerah ke kancah masyarakat dunia

Budayawan Apresiasi Upaya Jokowi Banyak Beri Ruang Kesenian Daerah IDN Times/Imam Rosidin

Mukhlis mencontohkan saat agenda makan malam G20 tempo lalu di Bali. Pada kegiatan tersebut, kebudayaan-kebudayaan Indonesia ditampilkan di hadapan para pemimpin negara dunia.

“Kita apresiasi untuk Pemerintahan Jokowi mengangkat kebudayaan kita di tengah masyarakat dunia."

"Ini langkah awal yang sangat baik patut diaprsiasi. Selanjutnya kita berharap bahwa Pak Jokowi akan meningkatkan lagi kesenian dari penjuru daerah manapun,” ujar dia.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya