Comscore Tracker

Jembatan Cinta Sepanjang 200 Meter Kini Direnovasi, Jadi Seperti Apa?

Proses renovasi Jembatan Cinta telah anggaran Rp8,4 m

Jakarta, IDN Times - Apakah Anda pernah lewat Jembatan Cinta, salah satu ikon yang terdapat di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu? Ya, saat ini Jembatan Cinta dengan panjang 200 meter tersebut rupanya sedang dalam tahap renovasi.

Hal yang tentu membuat penasaran tentu bakal seperti apa penampilan Jembatan Cinta yang dahulu kerap jadi salah satu spot favorit jika wisatawan melancong ke Pulau Tidung.

1. Progres renovasi Jembatan Cinta di Pulau Tidung sudah 25 persen

Jembatan Cinta Sepanjang 200 Meter Kini Direnovasi, Jadi Seperti Apa?Jembatan Cinta Kepulauan Seribu. Foto: Jakarta Hallo.

Menurut Kepala Seksi Pencahayaan Kota Unit Kerja Teknis (UKT) 2 Kepulauan Seribu, Wibi Abdi, Jembatan Cinta rupanya sudah direnovasi sejak Agustus 2022 lalu.

Hingga kini, kata dia, progres renovasi sudah mencapai 25 persen. Adapun jembatan sepanjang 200 meter itu ditargetkan rampung renovasinya pada Desember 2022.

"Ditargetkan pertengahan bulan Desember 2022 selesai dan sudah bisa dimanfaatkan wisatawan saat pergantian tahun," kata Wibi, seperti disitat situs resmi Pemprov DKI Jakarta, Minggu (25/9/2022).

Baca Juga: Ada Helipad di Pulau Seribu, Ketua DPRD DKI Dalami Penyalahgunaan Izin

2. 58 Pekerja dilibatkan dalam proyek renovasi Jembatan Cinta Pulau Tidung

Jembatan Cinta Sepanjang 200 Meter Kini Direnovasi, Jadi Seperti Apa?Jembatan Cinta, Kepulauan Seribu. Foto: Dok Pemprov DKI.

Wibi menambahkan, proses renovasi jembatan hingga kini masih terus dikebut. Di mana, ada sekira 58 pekerja yang dilibatkan.

Pihaknya juga memastikan, sistem kerja telah memenuhi kriteria keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) serta para pekerja dilindungi oleh program jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Mereka telah dilindungi dengan BPJS Ketenakerjaan agar ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan para pekerja sudah mendapat jaminan dari pihak kontraktor," katanya.

Selain dilindungi BPJS, Wibi menambahkan, pekerja juga melakukan antisipasi dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) saat berkerja, seperti jaket, helm, sepatu boots dan lain-lain sesuai aturan yang berlaku.

Baca Juga: Info Lengkap Wisata Pulau Pari, Destinasi Populer di Kepulauan Seribu

3. Renovasi telan anggaran Rp8,4 miliar

Jembatan Cinta Sepanjang 200 Meter Kini Direnovasi, Jadi Seperti Apa?Jembatan Cinta Kepulauan Seribu. Foto: Kepulauan Seribu Jakarta.go.id

Sementara itu, Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi meminta agar masyarakat dan publik ikut mengawasi proses pekerjaan renovasi Jembatan Cinta yang menggunakan anggaran belanja negara daerah (APBD) sekitar Rp8,4 milliar.

Adapun, kata dia, renovasi Jembatan Cinta di Pulau Tidung ini termasuk dalam Kegiatan Strategis Daerah (KSD) Kepulauan Seribu.

“Jembatan Cinta sudah lama menjadi destinasi wisata ikonik Kepulauan Seribu khususnya pariwsata permukiman di Pulau Tidung," katanya.

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya