Jenazah Azyumardi Azra Tiba di RI Senin Malam 

Jenazah akan tiba menggunakan Batik Air

Jakarta, IDN Times - Jenazah Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra menurut rencana akan tiba di Indonesia pada Senin malam (19/9/2022). Berdasarkan informasi yang disampaikan staf eks Wapres Jusuf Kalla di Palang Merah Indonesia (PMI), Yadi, jenazah akan tiba sekira pukul 21.50 WIB.

Diketahui, Azyumardi Azra meninggal dunia di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia, pada Minggu kemarin (18/9/2022). "Jenazah tiba jam 21.50 WIB nanti malam," kata Yadi.

1. Jenazah Azyumardi Azra akan tiba menggunakan Batik Air

Jenazah Azyumardi Azra Tiba di RI Senin Malam Almarhum Azyumardi Azra (IDN Times/Herka Yanis)

Adapun jenazah Azyumardi Azra, kata dia, akan tiba menggunakan pesawat Batik Air. "Batik Air penerbangan terakhir," katanya.

"Baru kelar dokumen jam 13.00 siang tadi waktu Kuala Lumpur," katanya.

Baca Juga: Haedar Nashir: Azyumardi Azra Sosok Inteligensia Begawan Bangsa

2. Bakal ada serah terima ke pihak keluarga

Jenazah Azyumardi Azra Tiba di RI Senin Malam Ilustrasi Azyumardi Azra (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara itu, Wakil Ketua Dewan Pers M Agung Dharmajaya mengatakan, jenazah Azyumardi Azra akan disemayamkan di UIN Syarif Hidayatullah, Ciputat, Tangerang Selatan.

"Karena waktu tiba di Kampus UIN sudah larut malam, pemakaman akan dilakukan pada Selasa. Pemakaman di TMP Kalibata, tapi waktu pelaksanaan pemakamannya belum ditetapkan jam berapa," ujar dia.

Agung bilang, saat jenazah tiba, akan ada prosesi serah terima dari Kedutaan Besar Indonesia di Malaysia kepada pihak keluarga. "Kemudian nanti ada serah terima dulu prosesi dari Kedutan Besar Indonesia yang di Malaysia kepada kita dan keluarga," ujarnya. "Rencana pemakamannya besok hari Selasa," sambungnya.

Baca Juga: Jenazah Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra Dimakamkan di TMP Kalibata

3. Meninggal usai sempat dirawat

Jenazah Azyumardi Azra Tiba di RI Senin Malam Ketua Dewan Pers, Azyumardi Azra dalam acara Ngobrol Seru "Media, Demokrasi, dan Pemilu 2024" pada Jumat (24/6/2022). (IDN Times/Herka Yanis)

Seperti diketahui, Azyumardi Azra meninggal dunia di rumah sakit di Malaysia, Minggu siang waktu setempat. Azyumardi tutup usia setelah sempat dirawat sejak Jumat (16/9) akibat gangguan kesehatan saat melakukan kunjungan kerja ke Malaysia.

Kepergian Azyumardi Azra meninggalkan duka mendalam bagi sejumlah kalangan. Azyumardi dikenang sebagai sosok cendekiawan muslim yang sederhana dan kaliber dunia.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya