Kronologi Sopir Pelat RFH Pukuli Anak Anggota DPR Berujung Ditangkap

Polisi sudah mengamankan dua pengendara berpelat RFH

Jakarta, IDN Times - Aksi pemukulan yang dilakukan pengendara mobil berpelat RFH viral di sosial media. Peristiwa itu diketahui terjadi di pinggir jalan tol Gatot Subroto arah Cawang, Jakarta Selatan.

Berdasarkan rekaman video yang beredar luas di sosial media, pelaku pemukulan menggunakan jas berwarna merah. Sementara seorang rekannya yang lain dengan menggunakan pakaian batik, hanya diam melihat rekannya menjotosi korban pemukulan.

Adapun dari data yang dihimpun redaksi, korban pemukulan berinisial JF, berusia 24 tahun. Korban yang babak belur di bagian wajah itu kemudian melaporkan peristiwa pemukulan ini ke Polisi.

1. Korban serahkan barang bukti

Kronologi Sopir Pelat RFH Pukuli Anak Anggota DPR Berujung DitangkapKabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan. IDN Times/Sahrul Ramadan

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan membenarkan aksi pemukulan yang terjadi pada Sabtu (4/6/2022) itu. Pelaku pemukulan merupakan pengendara mobil ber-pelat RFH yang belakangan viral.

Adapun peristiwa ini terjadi sekira pukul 12:40 WIB. Menurut Zulpan, korban berinisial JF saat ini sudah lapor terkait peristiwa pemukulan itu.

"Membenarkan adanya laporan di Polda Metro Jaya," kata Zulpan saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (5/6/2022).

Dalam laporan, korban turut menyerahkan barang bukti berupa rekaman video aksi pemukulan yang dilakukan.

Baca Juga: Kecelakaan Beruntun di Lampung, Truk Hantam 7 Kendaraan, 2 Meninggal

2. Bermula dari serempetan

Kronologi Sopir Pelat RFH Pukuli Anak Anggota DPR Berujung DitangkapIlustrasi kecelakaan (IDN Times/Sukma Shakti)

Terlapor dalam kasus ini merupakan pengemudi mobil Nissan dengan pelat nomor RFH berwarna silver.

"Iya saat korban melapor juga ditunjukan bukti rekaman video pemukulan yang terjadi di dalam tol. (Terlapor) Pemobil RFH," katanya.

Lebih lanjut, Zulpan menjelaskan, kasus pemukulan ini berawal dari adanya aksi serempetan di jalan antara mobil korban dengan pelaku. Mulanya, korban melintas dari daerah Jakarta Timur.

3. Mobil pelat RFH tiba-tiba memotong laju mobil korban

Kronologi Sopir Pelat RFH Pukuli Anak Anggota DPR Berujung DitangkapIlustrasi pemukulan (IDN Times/Mardya Shakti)

Namun secara tiba-tiba ada kendaraan pelaku dengan pelat nomor B 1146 RFH memotong laju kendaraan korban.

"Itu awalnya serempetan. Dari sebelah kiri ada terlapor mengendarai mobil Nissan yang memotong laju kendaraan sehingga mengakibatkan mobil pelapor terserempet mobil terlapor," jelasnya.

Pengemudi mobil berpelat RFH itu kemudian turun dan menghampiri kendaraan korban. Saat korban sekaligus pelapor itu turun, aksi pemukulan langsung terjadi.

4. Korban anak anggota DPR

Kronologi Sopir Pelat RFH Pukuli Anak Anggota DPR Berujung DitangkapIlustrasi kekerasan (IDN Times/Sukma Shakti)

Pihak Kepolisian juga mengatakan, korban pemukulan ternyata adalah anak anggota DPR atas nama Indah Kurnia. Seperti disitat dari situs dpr.go.id, Indah Kurnia merupakan anggota DPR period 2009-2014 dan 2019-2024.

"Korban betul (anak politisi PDIP Indah Kurnia)," kata Zulpan.

Di satu sisi, Indah sendiri menyesalkan penganiayaan terhadap anaknya tersebut. Indah mengaku mengetahui anaknya menjadi korban penganiayaan dari media sosial.

"Saya prihatin dan sedih sekali, karena anak saya mendapatkan perlakuan yang sewenang-wenang di jalan dan tidak bersalah," kata Indah.

Baca Juga: Cerita Try Setia Budi Nama Viral Disebut Pelaku Pemukulan Ade Armando

5. Pelaku ditangkap Polisi dan langsung ditahan

Kronologi Sopir Pelat RFH Pukuli Anak Anggota DPR Berujung DitangkapIlustrasi napi di penjara (IDN Times/Mardya Shakti)

Sementara itu, usai viral di sosial media, pengemudi mobil Nissan berpelat RFH langsung diamankan Polisi. Pelaku juga langsung ditahan.

"Kita periksa, dan langsung kita tahan sesuai kapasitasnya," kata Dirkrimum PMJ Kombes Hengki Haryadi disitat ANTARA.

Diketahui, pengemudi mobil pelat RFH bersama satu orang lainnya diamankan oleh tim Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

Hengki belum mengungkap rincian. Namun, dia memastikan peristiwa ini akan dijelaskan lebih lanjut oleh pihak Kabid Humas. "Nanti (kronologi penangkapan) Kabid Humas ya," kata Hengki.

Kejadian pemukulan itu sebelumnya telah viral di media sosial seperti dibagikan akun instagram @dashcam_owners_indonesia dan sejumlah akun lainnya. Kasus ini menjadi perhatian masyarakat luas di Tanah Air.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya