Lukas Enembe Ditangkap, Sekolah-sekolah di Jayapura Libur 2 Hari

Libur berlaku pada semua sekolah mulai TK hingga SMA

Jakarta, IDN Times - Sekolah-sekolah di Jayapura diliburkan pasca Gubernur Papua Lukas Enembe ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Keputusan ini disampaikan langsung oleh Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Jayapura sebagai antisipasi berbagai hal yang tak diinginkan.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura, Eqberth C. Kopeuw, kegiatan belajar mengajar di wilayahnya akan diliburkan selama dua hari.

"Memang kegiatan belajar mengajar di Kabupaten Jayapura diliburkan selama dua hari, mulai 11-12 Januari 2023," katanya, disitat ANTARA, Rabu (11/1/2023).

1. Sekolah TK sampai SMA diliburkan usai Lukas Enembe ditangkap

Lukas Enembe Ditangkap, Sekolah-sekolah di Jayapura Libur 2 HariGubernur Papua Lukas Enembe memasuki ruangan untuk menjalani pemeriksaan kesehatan di Paviliun Kartika, Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (10/1/2023). (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Lebih lanjut, Eqberth bilang keputusan meliburkan siswa dari TK sampai SMA sederajat di Kabupaten Jayapura, untuk mengantisipasi sejumlah hal. Terlebih, sempat ada perlawanan dari para pendukung Lukas Enembe usai ditangkap.

"Kami rehat untuk menghindari trauma dan tahap awal ditempuh selama dua hari," kata dia.

Baca Juga: Mahfud MD Ungkap Kenapa Pendukung Lukas Enembe Makin Berkurang

2. Diumumkan langsung oleh wali kelas

Lukas Enembe Ditangkap, Sekolah-sekolah di Jayapura Libur 2 HariLukas Enembe (baju merah) Ditangkap. (dok. IDN Times/Istimewa)

Sementara itu, salah satu orang tua murid, Grace Monim mengatakan informasi liburnya para siswa dari kegiatan belajar mengajar disampaikan oleh wali kelas sejak Selasa (10/1) malam.

"Guru wali kelas anak saya bilang kalau sekolah libur sampai Kamis (12/1). Anak-anak tidak masuk sekolah.

Anaknya diketahui sekolah di SD Advent Doyo.

3. Situsi mulai kembali normal

Lukas Enembe Ditangkap, Sekolah-sekolah di Jayapura Libur 2 HariTim Kuasa Hukum didampingi dokter dan Juru Bicara Gubernur Papua Lukas Enembe mendatangi KPK pada Jumat (23/9/2022). (IDN Times/Aryodamar)

Sementara itu berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, pada hari ini, aktivitas masyarakat sudah mulai kembali normal.

Sebelumnya diketahui sempat terjadi kerusuhan singkat usai Gubernur Papua Lukas Enembe yang jadi tersangka oleh KPK diterbangkan dari Bandara Sentani menuju Jakarta.

Anggota Brimob terlihat bersiaga di sejumlah titik di sekitar Kota Sentani, pusat wilayah Kabupaten Jayapura.

Baca Juga: Lukas Enembe Masih Dirawat di RSPAD Didampingi Tim Penyidik dan Dokter

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya