Minggu Besok, Bundaran HI Dimeriahkan Kirab Merah Putih Lintas Elemen

Kirab merah putih untuk menjunjung persatuan

Jakarta, IDN Times - Kegiatan Kirab Merah Putih yang melibatkan lintas elemen akan digelar pada Minggu (28/8/2022) besok, di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat. Sedianya kegiatan Kirab Merah Putih ini akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan ulama karismatik Habib Luthfi bin Ali bin Yahya.

Adapun kegiatan Kirab Merah Putih sendiri juga melibatkan berbagai tokoh agama, tokoh bangsa, Polri, pemuda, hingga mahasiswa, sebagai bentuk menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia.

1. Rute kirab Merah Putih dari Silang Monas sampai Bundaran HI

Minggu Besok, Bundaran HI Dimeriahkan Kirab Merah Putih Lintas ElemenIlustrasi peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia. ANTARA FOTO/Arnas Padda

Menurut Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo, kegiatan pembentangan bendera merah putih itu akan dimulai sekira pukul 07.00 sampai pukul 11.00 WIB. Di mana rute kirab tersebut akan dimulai dari Silang Monas hingga Bundaran HI.

"Indonesia sebagai negara yang kaya akan budaya, beraneka ragam suku bangsa, memiliki ribuan bahasa, tapi perbedaan bukanlah suatu halangan, untuk terus menjunjung persatuan, hal itulah yang menjadi semangat lintas elemen menggelar kegiatan kirab merah putih ini," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Jakarta, Sabtu, 27 Agustus 2022.

Baca Juga: [FOTO] 5.005 Meter Bendera Merah Putih Selimuti Pantai Losari

2. Akan dihadiri puluhan ribu orang

Minggu Besok, Bundaran HI Dimeriahkan Kirab Merah Putih Lintas ElemenIlustrasi penjual bendera merah putih di Palembang (ANTARA FOTO)

Bukan cuma para tokoh bangsa, presiden RI, dan Kapolri semata. Dedi juga menyebut acara ini juga akan dihadiri puluhan ribu orang dari berbagai macam elemen masyarakat.

Dalam acara tersebut nantinya terdapat beberapa rangkaian kegiatan. Mulai dari, parade kirab merah putih, pawai, doa lintas agama, tausiah kebangsaan, sambutan, pembacaan ikrar, hingga hiburan.

"Kegiatan tersebut nantinya juga akan diisi dengan berbagai macam kebudayaan yang dimiliki Bangsa Indonesia," kata Dedi.

Baca Juga: 5 Potret TNI AL Kibarkan Merah Putih di 77 Titik Bawah Laut RI

3. Kemeriahan Kirab Merah Putih

Minggu Besok, Bundaran HI Dimeriahkan Kirab Merah Putih Lintas ElemenPembagian bendera merah putih. Foto: Antara.

Sementara itu, dalam informasi yang berhasil dihimpun redaksi, acara akan dimulai sejak pukul 08.00 - 09.22 WIB. Di mana nantinya, pelepasan pawai menurut rencana akan dilakukan oleh Habib Lutfi, Panglima TNI dan Kapolri di depan Istana.

Pawai sendiri dari data yang diperoleh akan diikuti 10.000 peserta. Acara juga akan diisi dengan pembacaan doa lintas agama oleh 7 pemuka lintas agama. Termasuk nantinya akan ada tausiah kebangsaan oleh Habib Luthfi bin Ali bin Yahya.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya