Polisi yang Suruh Jurnalis Ngobrol dengan Pohon Diperiksa Propam

Kapolres Jakbar mendatangi kantor media tersebut

Jakarta, IDN Times - Personel Polisi yang menyuruh jurnalis berbicara dengan pohon terkait kasus akhirnya diperiksa oleh Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Metro. Polisi tersebut merupakan personel Polsek Kembangan, Jakarta Barat, yang belakangan viral di jagat maya karena aksinya.

Kepastian bahwa personel Polisi tersebut sudah diperiksa Propam disampaikan langsung oleh Kasie Humas Polres Metro Jakarta Barat, Kompol Muhammad Taufik.

"Jadi yang bersangkutan dari kemarin sudah diperiksa sama Propam Polda, Propam Polres juga," katanya seperti disitat Antara, Jumat (2/9/2022).

1. Kapolres Jakarta Barat ikut buka suara

Polisi yang Suruh Jurnalis Ngobrol dengan Pohon Diperiksa Propamilustrasi jurnalis (IDN TImes/Arief Rahmat)

Sementara itu, Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Pasma Royce turut langsung melakukan kunjungan ke kantor jurnalis tersebut bernaung, yaitu MNC Group. Kata Pasma, sejauh ini hubungan antara Polisi dengan media sangat baik.

"Selama ini Polres Metro Jakarta Barat telah membina hubungan baik dengan para awak media, apa yang terjadi di lapangan jangan sampai berlarut-larut dan segera untuk diluruskan," kata dia.

Baca Juga: Penganiaya Jurnalis Labuhanbatu Ditangkap, Motifnya Karena Pemberitaan

2. Polisi anggap peristiwa ini jadi pelajaran berharga

Polisi yang Suruh Jurnalis Ngobrol dengan Pohon Diperiksa PropamIlustrasi Pers (IDN Times/Arief Rahmat)

Dia mengatakan, lewat kejadian ini, semoga menjadikan pelajaran berharga bagi kedua belah pihak untuk makin meningkatkan sinergitasnya.

"Apa yang telah terjadi menjadi pelajaran berharga dan semakin meningkatkan hubungan sinergitas antara Polres Metro Jakarta Barat dengan media," katanya.

Baca Juga: Viral Polisi Suruh Jurnalis Bicara Sama Pohon saat Diwawancara 

3. Kronologi peristiwa wartawan disuruh Polisi bicara dengan pohon

Polisi yang Suruh Jurnalis Ngobrol dengan Pohon Diperiksa PropamSejumlah jurnalis melakukan aksi diam mengecam aksi kekerasan kepada jurnalis. IDN Times/ Alfi Ramadana

Sebelumnya, sebuah video yang memperlihatkan oknum polisi menyuruh jurnalis untuk berbicara dengan pohon saat diwawancarai viral di media sosial.

Video tersebut diunggah oleh pengacara kondang Sunan Kalijaga di akun Instagram @sunankalijaga_sh. Dalam video tersebut, seorang jurnalis ingin melakukan wawancara terkait kasus kekerasan rumah tangga yang dialami seorang wanita.

Namun demikian, anggota Polsek yang memakai baju hitam tidak membiarkan jurnalis itu masuk ke dalam Polsek, dan meminta berbicara sama pohon yang ada di depan Polsek.

"Kamu tunggu dulu, kamu bicara sama pohon dulu," kata oknum Polsek tersebut yang kemudian viral.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya