Ribuan Polisi Dikerahkan, Ini 6 Titik Demo BBM di Jabodetabek Hari Ini

Aksi digelar di Patung Kuda sampai Gedung DPR

Jakarta, IDN Times - Hari ini akan ada aksi demonstrasi di enam titik yang tersebar di wilayah Jabodetabek. Adapun aksi tersebut berkaitan dengan protes penolakan kenaikan harga BBM.

Setidaknya bakal ada 2.000 peserta aksi yang terkonsentrasi di enam titik. Aksi melibatkan elemen mahasiswa dan buruh.

1. Isu aksi demo Kamis 15 September 2022

Ribuan Polisi Dikerahkan, Ini 6 Titik Demo BBM di Jabodetabek Hari IniSejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) menggelar unjuk rasa menolak kenaikan harga BBM subsidi pada Senin (5/9/2022). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan lalu mengungkap isu yang diangkat para peserta aksi. Menurut dia, aksi tak hanya sekadar menyuarakan protes kenaikan harga BBM.

“Jumlah titik aksi 6. Isu tolak kenaikan BBM dan batalkan omnibuslaw,” kata Kombes Pol Endra Zulpan, dalam keterangan resminya, Kamis (15/9/2022).

Baca Juga: Demo Mahasiswa Tolak Kenaikan BBM Ricuh, Paksa Terobos ke Istana

2. Polisi terjunkan 6.124 personel amankan demo hari ini

Ribuan Polisi Dikerahkan, Ini 6 Titik Demo BBM di Jabodetabek Hari IniSejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) menggelar unjuk rasa menolak kenaikan harga BBM subsidi pada Senin (5/9/2022). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Lebih lanjut Zulpan mengatakan, enam titik lokasi unjuk rasa hari ini akan tersebar di sejumlah wilayah, yakni Jakarta, Depok dan Bekasi. Di mana peserta unjuk rasa hari ini mayoritas merupakan mahasiswa dan buruh atau pekerja.

“Pengamanan 6.124 personel,” kata dia.

Baca Juga: Demo Tolak Kenaikan BBM Sebabkan Penutupan Jalan

3. 6 Titik demo yang gelar unjuk rasa

Ribuan Polisi Dikerahkan, Ini 6 Titik Demo BBM di Jabodetabek Hari IniKabid Humas Polda Metro Jaya, Endra Zulpan (dok. Humas Polda Metro Jaya)

Berikut rincian lokasi unjuk rasa beserta kelompok dan estimasi jumlah massa yang disampaikan Kepolisian

1. Patung Kuda

Aksi di titik ini akan digelar oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika (BEM BSI) dengan estimasi massa sekira 150 orang. Adapun agenda mereka yakni menolak kenaikan harga BBM dan akan menggelar aksi sekira pukul 10.00 WIB.

Aksi juga akan digelar oleh Front Aksi Mahasiswa UPB (Universitas Pelita Bangsa) dengan estimasi massa 50 orang. Mereka akan menyuarakan penolakan kenaikan harga BBM dan akan digelar sekira pukul 13.00 WIB.

Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) juga akan menggelar aksi demo, dengan estimasi massa sekira 100 Orang. Agendanya yakni menolak kenaikan harga BBM dan akan menggelar aksi sekira pukul 11.00 WIB.

2. Gedung DPR/MPR

Front Aksi Mahasiswa UPB (Universitas Pelita Bangsa) akan menggelar aksi di Gedung DPR/MPR sekira pukul 13.00 WIB. Estimasi massa sekira 50 orang dengan agenda menolak kenaikan harga BBM.

3.Kantor DPRD Kota Depok

Forum Buruh Depok akan turun ke jalan dengan mengerahkan massa sebanyak 700 Orang. Aksi akan digelar pukul 08.00 WIB, dengan agenda tolak kenaikan harga BBM.

4. DPRD Kota Bekasi

Pimpinan Cabang Federasi Serikat Pekerja Kimia, Energi dan Pertambangan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (PC FSP KEP SPSI) akan terjun ke DPRD Kota Bekasi dengan estimasi massa sekira 500 orang. Aksi yang akan digelar pukul 08.00 WIB ini memiliki agenda tolak kenaikan BBM.

5. Kantor Pemerintah Kota Bekasi

Pimpinan Cabang Federasi Serikat Pekerja Kimia, Energi dan Pertambangan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (PC FSP KEP SPSI) juga akan mendatangi kantor Pemerintah Kota Bekasi dengan agenda tolak kenaikan BBM, dan batalkan omnibuslaw.

6. Pemda Kabupaten Bekasi Desa Sukamahi Kecamatan Cikarang Pusat

KC FSPMI Kab-Kota Bekasi dengan estimasi massa sekira 500 orang akan turun ke jalan dengan agenda menolak kenaikan harga BBM dan membatalkan omnibuslaw. Mereka diagendakan menggelar aksi sekira pukul 07.00 WIB.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya