Soal Isu Perlawanan Kubu Ferdy Sambo, Lemkapi Analisa Hal Ini 

Lemkapi yakin Polri solid

Jakarta, IDN Times - Kasus pembunuhan Brigadir J yang menyeret eks Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo diharapkan jadi bahan instrospeksi bagi jajaran Kepolisian.

Hal itu disampaikan Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian (Lemkapi) Dr Edi Hasibuan. Dia berharap kasus ini tak terulang di masa mendatang yang bisa mencoreng citra Kepolisian.

"Atas peristiwa yang banyak mendapat sorotan publik itu, kami mengajak agar menjadikan kasus ini sebagai bahan instrospeksi buat seluruh jajaran, sehingga tidak ada lagi perkara serupa pada masa mendatang," kata Edi dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (13/8/2022).

1. Polisi harus kompak dukung penuh kebijakan Kapolri

Soal Isu Perlawanan Kubu Ferdy Sambo, Lemkapi Analisa Hal Ini Kadiv Propam nonaktif Irjen Pol Ferdy Sambo menjalani pemeriksaan di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Kamis (4/8/2022). (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Pada situasi seperti ini, kata dia, sudah sepatutnya seluruh jajaran Polri makin kompak dan mendukung penuh kebijakan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo demi Polri yang semakin baik.

"Kami mengajak seluruh jajaran Polri meningkatkan kinerja, pelayanan dan profesionalisme di tengah masyarakat. Insya Allah, Polri akan semakin baik dan dipercaya masyarakat," kata dia lagi.

2. Tak yakin ada isu perlawanan dari kubu Ferdy Sambo

Soal Isu Perlawanan Kubu Ferdy Sambo, Lemkapi Analisa Hal Ini Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo umumkan tersangka baru pembunuhan Brigadir J pada Selasa (9/8/2022). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Dia juga tidak meyakini, adanya isu perlawanan kubu Ferdy Sambo setelah jenderal bintang dua ini menjadi tahanan Bareskrim Polri dan terancam hukuman mati atau sangkaan pembunuhan berencana.

"Justru, seluruh jajaran Polri solid. Hasil pemantauan kami, seluruh anggota Polri yang jumlahnya sekitar 470 ribu sangat solid mendukung Kapolri," kata dia lagi.

Pada kesempatan itu, Edi juga meminta Polri agar segera menyelesaikan kasus Ferdy Sambo sampai tuntas dan menindak seluruh anggotanya yang terbukti membantu kejahatan ini.

Baca Juga: Viral Pernyataan Ferdy Sambo Sebelum Tersangka Pembunuhan Brigadir J

3. Polri sempat kesulitan ungkap kasus ini

Soal Isu Perlawanan Kubu Ferdy Sambo, Lemkapi Analisa Hal Ini Detik-detik Pembunuhan Brigadir J (IDN Times/Aditya Pratama)

Diketahui Brigadir J yang merupakan ajudan Ferdy Sambo tewas akibat penembakan di rumah eks Kadiv Propam Polri, di Duren Tiga, Jakarta Selatan, Jumat (8/7/2022) lalu.

Polri sempat kesulitan mengungkap perkara ini karena ada upaya untuk menghambat penyidikan dan tempat kejadian perkara (TKP). Di mana ada upaya perusakan yang diduga dilakukan oleh penyidik yang awalnya menangani kasus ini.

Kasus penembakan ini sendiri terungkap setelah Kapolri membentuk tim khusus di bawah pimpinan Irwasus Komjen Pol Agung Budi Maryoto untuk mengambil alih penanganan perkara. Polri telah menahan Ferdy Sambo, Bripka R, Bharada E, dan sopir berinisial K sebagai tersangka pembunuhan terhadap Brigadir J.

Sebanyak 16 Polisi termasuk dua jenderal saat ini juga tengah menjalani penempatan khusus di Mako Brimob dan Divisi Propam atas kasus pelanggaran kode etik dan disiplin Polri. Sebanyak 25 personel lain juga terancam dibawa ke sidang etik dan disiplin.

Baca Juga: Benny Mamoto: Saya Juga Korban Skenario Kebohongan Ferdy Sambo

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya