BPJS Ketenagakerjaan Berhasil Juarai AIRA 2023

Jadi satu-satunya perwakilan Indonesia

Jakarta, IDN Times - BPJS Ketenagakerjaan mencatatkan prestasi di level internasional usai memperoleh Silver Award pada kategori Public Sector dalam 9th Asia Integrated Reporting Awards (AIRA).

Capaian ini menjadi sangat spesial, karena BPJS Ketenagakerjaan merupakan satu-satunya institusi asal Indonesia yang menjuarai kompetisi bergengsi tersebut.

Direktur Keuangan BPJS Ketenagakerjaan Asep Rahmat Suwandha membeberkan bahwa BPJS Ketenagakerjaan berkomitmen dan konsisten dalam menerapkan prinsip-prinsip environment, social, and governance (ESG) dalam setiap proses bisnisnya.

Menurutnya hal ini menjadi kunci utama bagi BPJS Ketenagakerjaan dalam mewujudkan visinya menjadi jaminan sosial ketenagakerjaan yang terpercaya, berkelanjutan dan mensejahterakan seluruh pekerja indonesia.

“Sebagai badan hukum publik yang mengelola dana milik para pekerja, wajib bagi kami untuk selalu mengedepankan prinsip-prinsip transparansi, akuntabilitas dan keterbukaan informasi. Seluruh proses bisnis dan kinerja badan kami jabarkan secara komprehensif di dalam Laporan Tahunan Terintegrasi ini,” terang Asep.

1. Selaras dengan tujuan SDGs

BPJS Ketenagakerjaan Berhasil Juarai AIRA 2023BPJS Ketenagakerjaan mencatatkan prestasi di level internasional usai memperoleh Silver Award pada kategori Public Sector dalam 9th Asia Integrated Reporting Awards (AIRA). (dok. BPJS Ketenangakerjaan)

Lebih lanjut Asep mengatakan, program jaminan sosial ketenagakerjaan sejatinya selaras dengan tujuan SDGs yakni mengurangi kemiskinan, menjamin dan meningkatkan kesejahteraan penduduk, mendukung perkembangan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif, serta ketersediaan lapangan kerja yang layak.

Oleh karena itu menjadi sebuah keharusan bagi BPJS Ketenagakerjaan untuk memastikan seluruh pekerja terlindungi sehingga mereka bisa Kerja Keras Bebas Cemas yang nantinya akan berujung pada keberlanjutan ekonomi bangsa.

“Tak hanya jadi prestasi semata, penghargaan ini menjadi sebuah pengakuan akan komitmen kami untuk terus konsisten mendukung tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan di Indonesia dengan standar pelaporan terintegrasi global yang transparan,” imbuhnya.

Baca Juga: BPJS Ketenagakerjaan Ajak Siswa SMA Ikuti Jelajah Jaminan Sosial

2. Antusiasme peserta cukup tinggi

BPJS Ketenagakerjaan Berhasil Juarai AIRA 2023BPJS Ketenagakerjaan bergerak cepat untuk membayarkan santunan kepada para korban dalam insiden ledakan tungku smelter di Morowali. (dok. BPJS Ketenagakerjaan)

Sementara itu pendiri AIRA dan Managing Director CSRWorks Rajesh Chhabara mengatakan bahwa AIRA Awards ini diberikan kepada institusi yang memiliki komitmen tinggi dalam mempublikasikan laporan kinerjanya kepada publik.

“Laporan tersebut juga harus melalui penilaian serta evaluasi berlapis dari juri independen yang berkompeten di bidangnya,” ungkap Rajesh.

Meski demikian antusiasme peserta cukup tinggi di mana tercatat AIRA tahun ini diikuti oleh sejumlah perusahaan, organisasi dan institusi ternama dari 14 negara di Asia.

3. BPJS Ketenagakerjaan telah menetapkan sebuah standar

BPJS Ketenagakerjaan Berhasil Juarai AIRA 2023Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Roswita Nilakurnia bersama Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gresik Andhy Hendro Wijaya dan Regional Head III Bank BTN Yenny Herlina meresmikan pembangunan Rumah Pekerja yang terletak di Gresik, Jawa Timur. (Dok. BPJAMSOSTEK)

Lebih jauh, Rajesh mengatakan bahwa Laporan Tahunan Terintegrasi BPJS Ketenagakerjaan telah berhasil menyuguhkan seluruh informasi penting yang menjadi dasar dalam setiap pengambilan keputusan dengan memperhatikan tata kelola yang baik, strategi dalam mencapai kinerja badan, serta prospek pengembahan di masa depan.

“Dalam laporannya BPJS Ketenagakerjaan telah menetapkan sebuah standar sebagai tolok ukur dalam integrated reporting. Selain itu BPJS Ketenagakerjaan juga memberikan contoh kepemimpinan yang senantiasa mengadopsi konsep integrated thinking dan kerangka berpikir yang berdasarkan modal-modal penciptaan nilai,” pungkasnya. (WEB)

Baca Juga: BPJS Ketenagakerjaan Kembali Dapat Penghargaan dari KPK

Topik:

  • Ridho Fauzan

Berita Terkini Lainnya