DJKA Rampungkan Pembangunan Jalur KA Makassar-Parepare hingga Mandai

Gelar acara Culinary At Station

Jakarta, IDN Times - Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan melalui Balai Pengelola Kereta Api Sulawesi Selatan (BPKA Sulsel) mengadakan gelaran Culinary at Station pada Sabtu (9/12) hingga Minggu (10/12) di Stasiun Mandai.

Acara ini digelar sebagai wujud rasa syukur atas tersambungnya jalur kereta api (KA) Makassar-Parepare yang sudah tersambung hingga Stasiun Mandai. Direktur Jenderal Perkeretaapian, Risal Wasal menyebutkan bahwa hal ini merupakan capaian penting dalam pembangunan jalur KA tersebut.

“Tanpa dukungan dan doa dari masyarakat Makassar, Maros, Pangkep, Barru, dan sekitarnya, pembangunan ini akan sulit terwujud sehingga saya mengajak rekan-rekan untuk merayakan capaian ini bersama-sama,” kata Risal.

1. Layanan kereta api akan segera dioperasikan

DJKA Rampungkan Pembangunan Jalur KA Makassar-Parepare hingga MandaiKereta api Makassar-Parepare siap dukung pariwisata Sulawesi Selatan. (Dok. DJKA)

Lebih lanjut, Risal menyampaikan bahwa setelah jalur KA tersambung hingga Stasiun Mandai, maka layanan kereta api akan segera dioperasikan hingga stasiun ini.

Oleh sebab itu, kegiatan Culinary at Station juga dimaksudkan sebagai ajang sosialisasi kepada masyarakat terkait kehadiran layanan kereta api yang segera akan menjangkau Stasiun Mandai.

Baca Juga: Ternyata Begini Cara DJKA Amankan Seluruh Aset KA di Jateng

2. Pembangunan akan segera dilanjutkan sepanjang 14,4 km

DJKA Rampungkan Pembangunan Jalur KA Makassar-Parepare hingga MandaiRel Kereta Api Trans Sulawesi. ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Selain itu, Risal menjelaskan bahwa pembangunan akan segera dilanjutkan sepanjang 14,4 km dengan dua stasiun hingga Makassar New Port.

“Kami berharap kehadiran KA Makassar-Parepare dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat, dan semakin banyak warga yang memanfaatkan moda transportasi ini sehingga dapat mengurangi kemacetan," pungkas Risal.

3. Hadirkan pegiat seni serta UMKM lokal

DJKA Rampungkan Pembangunan Jalur KA Makassar-Parepare hingga MandaiKereta api Makassar-Parepare siap dukung pariwisata Sulawesi Selatan. (Dok. DJKA)

Sebagai informasi, kegiatan Culinary at Station menghadirkan pegiat seni serta UMKM lokal sebagai komitmen DJKA untuk mendukung perekonomian warga setempat.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh jajaran Pemerintah Daerah dari Kabupaten Maros, Kabupaten Pangkep, dan Kabupaten Barru, serta perwakilan Komisi V DPR RI dan stakeholder terkait lainnya. (WEB) 

Baca Juga: Sambut Nataru, DJKA Berlakukan Tarif Promo Baru pada LRT Jabodebek

Topik:

  • Ridho Fauzan

Berita Terkini Lainnya