Terima Rombongan PUPR, Hendi Tekankan Pentingnya Sinergitas

Hal itu demi akselerasi pembangunan terkait infrastruktur

Jakarta, IDN Times - Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menyebut, sinergitas pemerintah daerah dan pemerintah pusat menjadi salah satu kunci dalam melakukan akselerasi pembangunan, khususnya terkait infrastruktur. 

Ia pun memberikan apresiasi kepada Kementerian PUPR yang berperan dalam pembangunan wilayah Kota Semarang, terlebih dalam upaya penanganan banjir di wilayah timur Kota Semarang.

1. Membuat konsep waterfront city

Terima Rombongan PUPR, Hendi Tekankan Pentingnya SinergitasNormalisasi Sungai Beringin Semarang. Dok. Pemkot Semarang

Lebih lanjut Hendi menjelaskan, upaya yang dilakukan antara lain melakukan revitalisasi banjir kanal timur, pemberian pompa di Sungai Tenggang berkapasitas 12 ribu liter per detik, dan pompa di Sungai Beringin berkapasitas 10 ribu liter per detik. 

Sejalan dengan itu, ia kemudian juga mengarahkan pembangunan infrastruktur untuk peningkatan pariwisata dengan membuat konsep waterfront city. Menurutnya, Kali Semarang yang semula kerap disebut sebagai jamban terpanjang di dunia yang kumuh, kemudian dapat bertransformasi mendukung estetika kota. 

“Kalau infrastruktur bagus, sungai berfungsi dengan baik, maka arus transportasi menjadi lebih cepat sehingga terjadi peningkatan ekonomi dan sosial budaya,” tandasnya saat menerima kunjungan Diklat PIM Nasional Kementerian PUPR di Situation Room Balaikota Semarang, Rabu (21/4/2021).

Baca Juga: Pemkot Semarang Libatkan 400 Warung untuk Distribusikan Bansos

2. Perbaikan jalan rusak

Terima Rombongan PUPR, Hendi Tekankan Pentingnya SinergitasPetugas Jasa Marga membersihkan sampah di gardu tol Muktiharjo Semarang (IDN Times/Dhana Kencana)

Hendi lantas menegaskan akselerasi pembangunan di Kota Semarang merupakan kerja keras semua pihak. Ia sekaligus menekankan kepada para pejabat di Pemerintah Kota Semarang untuk terus berinovasi. 

“Tidak boleh ada di zona nyaman dan bekerja rutinitas berangkat kerja jam 7 pulang jam 3. Lakukan inovasi perbaikan infrastruktur,” tegasnya.

Hendi juga mencontohkan jika perbaikan jalan di Kota Semarang dalam beberapa tahun terakhir menggunakan material lain selain aspal. Hal itu dilakukan agar kondisi jalan yang prima dapat bertahan lebih lama. 

Sementara itu, pimpinan rombongan diklat dari Kementerian PUPR, Dharma Nursani merasa semakin tertarik untuk menggali lebih dalam mengenai strategi peningkatan infrastruktur yang dilakukan orang nomor satu di Kota Semarang tersebut. 

“Tema visitasi di kota Semarang kali ini adalah penerapan good governance dalam percepatan infrastruktur. Kami akan belajar melalui best practice lewat visitasi di kota Semarang kali ini,” tuturnya.

3. Kanal komunikasi Lapor Hendi

Terima Rombongan PUPR, Hendi Tekankan Pentingnya SinergitasVirtual box gantikan kehadiran Hendi-Ita saat kampanye menemui calon pemilih di Semarang. Dok. Tim Relawan Hendi-Ita.

Selain melakukan pembahasan rutin melalui rembug kelurahan dan Musrenbang di berbagai level, Hendi menjelaskan bahwa pihaknya juga membuka kanal komunikasi yang disebut Lapor Hendi bagi masyarakat. 

Di lingkup internal pihaknya pun memiliki forum bulanan bernama Rakor Tepra (Tim Evaluasi Percepatan Realisasi Anggaran) yang digelar khusus membahas aduan masyarakat. Forum tersebut dihadiri oleh dinas dan camat yang dimonitor sejauh mana tindak lanjut dari dinas. 

“Begitu turun ke bawah kita jadi tahu bagaimana kondisi jalan, saluran, dan infrastruktur mana yang butuh perbaikan. Dengan begitu masyarakat mulai percaya dan muncul kebanggaannya terhadap Kota Semarang. Dalam hal ini masyarakat menjadi mitra strategis pemerintah,” terangnya. (WEB)

Baca Juga: Pemkot Semarang Larang Bandara dan Pelabuhan Layani Pemudik 

Topik:

  • Ridho Fauzan
  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya