Punya Kinerja Anggaran Terbaik, Kemendagri Dapat Penghargaan 

Menjadi ketiga kalinya sejak 2020

Jakarta, IDN Times - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mendapatkan penghargaan peringkat pertama Kinerja Anggaran Terbaik Tahun 2022 untuk kategori Pagu Sedang. Penghargaan diterima Kemendagri untuk ketiga kalinya secara berturut-turut setelah 2020 dan 2021.

Mewakili Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Suhajar Diantoro menerima secara langsung piagam penghargaan yang diserahkan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati. 

Penghargaan tersebut diberikan dalam acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pelaksanaan Anggaran Tahun 2023 yang digelar secara hybrid dari Ballroom Dhanapala, Kompleks Kementerian Keuangan, Rabu (17/5). 

1. Beberapa kementerian/lembaga yang menerima penghargaan

Punya Kinerja Anggaran Terbaik, Kemendagri Dapat Penghargaan Mendagri Muhammad Tito Karnavian melantik 5 Penjabat kepala daerah dan 1 wakil bupati di Papua di Gedung Sasana Bhakti Praja Kantor Pusat Kemendagri, Jumat (27/5/2022). (Dok. Kemendagri).

Adapun kementerian/lembaga yang memperoleh penghargaan dalam acara tersebut, untuk kategori Pagu Besar, lima besar terbaik dianugerahkan kepada Kementerian Keuangan (Kemenkeu), KemenkumHAM, Kepolisian RI, Kejaksaan RI, dan Mahkamah Agung (MA). 

Kemudian untuk Pagu Sedang yaitu Kemendagri, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Kementerian Kelautan dan Perikanan, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), dan Badan Pusat Statistik (BPS). 

Sedangkan untuk kategori Pagu Kecil, yaitu Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Lembaga Administrasi Negara (LAN), Sekretariat Kabinet, Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dan KemenpanRB.

Baca Juga: Kemendagri Targetkan Tahun Ini 50 Juta Warga Gunakan KTP Digital  

2. APBN harus bisa menjadi solusi kemakmuran rakyat

Punya Kinerja Anggaran Terbaik, Kemendagri Dapat Penghargaan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Menkeu Sri Mulyani mengatakan, APBN harus bisa menjadi solusi kemakmuran rakyat dan peningkatan kualitas hidup masyarakat. 

“Saat ini, perekonomian Indonesia yang meningkat patut disyukuri di tengah situasi dunia yang semakin tidak mudah. Pemerintah terus mempertahankan pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen,” katanya.

3. Kualitas belanja yang dilakukan masih perlu diakselerasi

Punya Kinerja Anggaran Terbaik, Kemendagri Dapat Penghargaan Gedung Kementerian Keuangan (Kemenkeu). (IDN Times/Helmi Shemi)

Sri Mulyani juga menyebut, meski kinerja anggaran kementerian/lembaga telah baik, namun kualitas belanja yang dilakukan masih perlu diakselerasi sehingga memberikan manfaat yang lebih besar. “Fokus kita pada dampak dan impact-nya,”tambah Sri Mulyani.

Sebagai informasi, Rakornas tersebut mengusung tema “Belanja Berkualitas untuk Transformasi Ekonomi Indonesia”. Tema ini, kata Sri Mulyani, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo dalam menciptakan lapangan pekerjaan, menurunkan stunting dan kemiskinan ekstrem, menjaga ketahanan pangan, mengendalikan inflasi, serta mendorong investasi. (WEB)

Baca Juga: Dirjen Dukcapil Kemendagri: IKD Wujudkan Program Satu Data Nasional

Topik:

  • Ridho Fauzan

Berita Terkini Lainnya