Menaker Ida Minta Insiden Kerusuhan di PT GNI Diusut Tuntas

Kemnaker lakukan investigasi

Jakarta, IDN Times - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyatakan keprihatinannya atas unjuk rasa yang berakhir aksi anarkis di lokasi PT Gunbuster Nickel Industri (GNI), Desa Bunta, Petasia Timur, Morowali Utara, Sulawesi Tengah, Sabtu (14/1/2023) malam. 

Kericuhan pekerja di perusahaan tambang nikel tersebut menyebabkan meninggalnya pekerja di lokasi proyek.

"Kemnaker sangat prihatin dan ikut berduka atas aksi anarkis yang menyebabkan korban jiwa," ujar Ida dalam Siaran Pers Biro Humas Kementerian Ketenagakerjaan, di Jakarta, Senin (16/1/2023).

1. Lakukan koordinasi intensif

Menaker Ida Minta Insiden Kerusuhan di PT GNI Diusut TuntasSmelter PT GNI di Morowali (dok. IDN Times/Istimewa)

Lebih jauh Ida menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dengan jajaran Disnaker Kabupaten Morowali Utara dan Disnaker Provinsi Sulawesi Tengah untuk mengetahui penyebab terjadinya insiden tersebut. 

"Kami secara intensif terus koordinasi dengan Disnaker provinsi Sulawesi Tengah dan Disnaker Kabupaten Morowali Utara dan meminta kedua pihak yakni perwakilan Serikat Pekerja Nasional (SPN) dan PT GNI segera melakukan mediasi untuk menyelesaikan permasalahan ketenagakerjaan," ujarnya.

Baca Juga: Kemnaker Investigasi Bentrokan di PT GNI yang Tewaskan 3 Pekerja

2. Insiden disebabkan permasalahan ketenagakerjaan

Menaker Ida Minta Insiden Kerusuhan di PT GNI Diusut TuntasSmelter PT GNI di Morowali (dok. IDN Times/Istimewa)

Dari informasi yang dihimpun, Ida mengungkapkan bahwa kerusuhan disebabkan terkait permasalahan ketenagakerjaan yang dituntut oleh perwakilan SPN. 

Di antaranya tuntutan soal K3, pengupahan dan PHK sehingga anggapan bahwa kerusuhan ini dipicu oleh keberadaan tenaga kerja asing tidaklah benar.

"Sebagian tuntutan pekerja telah diterima dan akan dipenuhi perusahaan. Namun kami tetap melakukan penelusuran, mediasi, dan pemeriksaan bersama Disnaker setempat," ujarnya.

3. Menurunkan tim investigasi

Menaker Ida Minta Insiden Kerusuhan di PT GNI Diusut TuntasMenteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. (Dok. Kemnaker)

Kemnaker pun menurutnya akan menurunkan tim investigasi yang terdiri dari unsur pengawas ketenagakerjaan, mediator, dan pengantar kerja ke lokasi PT GNI. 

"Tim Kemnaker akan terus melakukan pendampingan kepada Tim Pengawas Ketenagakerjaan Daerah untuk penanganan masalah permasalahan yang terjadi. Termasuk menyusun langkah-langkah untuk mencegah kejadian serupa," kata Menaker Ida. (WEB)

Baca Juga: Bentrokan di PT GNI Morowali Utara, 3 Pekerja Tewas, 6 Mobil Dibakar

Topik:

  • Ridho Fauzan

Berita Terkini Lainnya