Menteri Pertanian Dukung Papua Barat jadi Penghasil Sagu Berkualitas

Papua jadi lokomotif pertanian Indonesia

Jakarta, IDN Times - mendorong Provinsi Papua Barat menjadi pintu gerbang produksi sagu terbaik Indonesia. 

Hal ini ia sampaikan saat berkunjung ke area pertanian sagu di Manokwari Papua Barat, Selasa, (25/10).

1. Sagu jadi komoditas utama di Papua

Menteri Pertanian Dukung Papua Barat jadi Penghasil Sagu BerkualitasMenteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) melakukan kunjungan ke area pertanian sagu di Manokwari Papua Barat, Selasa, (25/10). (Dok. Pertanian)

Menurut SYL, sagu adalah komoditas utama dan sudah sejak lama menjadi makanan pokok masyarakat Papua.

"Nanti akan kita susun konsepsinya bersama PLT Gubernurnya dalam waktu singkat. Sagu adalah pemberian tuhan yang luar biasa dan sudah lama ada, jangan kita tinggalkan. Artinya beras, sagu, singkong juga kita makan," ujarnya.

Baca Juga: Maksimalkan Alsintan, Ini Harapan Kementan bagi Petani 

2. Papua menjadi lokomotif pertanian Indonesia

Menteri Pertanian Dukung Papua Barat jadi Penghasil Sagu BerkualitasMenteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) melakukan kunjungan ke area pertanian sagu di Manokwari Papua Barat, Selasa, (25/10). (Dok. Pertanian)

SYL mengatakan, Provinsi Papua sudah seharusnya menjadi lokomotif pertanian Indonesia karena memiliki wilayah subur dan beragam komoditas lokal. 

Menurutnya, hal inilah harus bisa dipersiapkan dengan baik untuk berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan pangan nasional.

"Hari ini saya bertemu dan rapat dengan seluruh bupatinya untuk mempersiapkan ketahanan pangan Papua, dan tentu saja berkontribusi kepada ketahanan pangan nasional. Saya kira langkah kita ini sesuai dengan perintah Bapak Presiden agar betul-betul sektor pertanian bisa menjadi bantalan ekonomi dan bantalan kehidupan bagi masyarakat ke depannya," katanya.

3. Turut kembangkan berbagai komoditas lainnya

Menteri Pertanian Dukung Papua Barat jadi Penghasil Sagu BerkualitasMenteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengajak para petani di Jawa Tengah untuk menggerakkan roda ekonomi nasional melalui program pertanian, food estate. (Dok. Kementan)

Menurut SYL, pengembangan beragam komoditas pertanian di wilayah Papua juga dilakukan pada komoditas jagung dan komoditas lainya yang sudah dimulai sejak beberapa tahun lalu.

"Dalam rangka menjalankan aktifitas dan upaya-upaya mengakselerasi pertanian kita terutama padi, jagung dan mungkin komoditas-komoditas tertentu yang ada. Pak Gubernur sangat semangat, saya kira ini menjadi tanda-tanda baik bagi Papua Barat," katanya. (WEB)

Baca Juga: Irjen Kementan Bakal Kembangkan Teknologi Sistem Irigasi BPP Lampung

Topik:

  • Ridho Fauzan

Berita Terkini Lainnya